Cegah masalah usai pemungutan suara pemilu 2019, ini tindakan pejabat di Bartim

id Kabupaten Barito Timur, Bartim, Kapolres Bartim, bupati Bartim, pemilu 2019 di Bartim

Cegah masalah usai pemungutan suara pemilu 2019, ini tindakan pejabat di Bartim

Bupati Barito Timur Ampera AY Mebas didampingi wakilnya Habib Said Abdul Saleh saat coffee morning bersama jajaran FKPD, menyampaikan agar masyarakat kembali merajut persatuan dan kesatuan setelah pemilu 2019, Tamiang Layang, Jumat, (19/4/2019). (Foto Antara Kalteng/Habibullah)

Tamiang Layang (ANTARA) - Mencegah terjadinya berbagai permasalahannya yang mungkin terjadi usai pemungutan suara pemilihan umum tahun 2019, Kapolres Barito Timur, Provinsi Kalimantan Tengah AKBP Zulham Effendy
menginisiasi pertemuan dengan sejumlah pejabat di wilayah tersebut, Jumat.

Pertemuan yang dikemas dengan coffe morning itu pun dihadiri Bupati Bartim Ampera AY Mebas, Wakil Bupati Habib Said Abdul Saleh, Kepala Kejaksaan Negeri Roy Rovalino Herudiansyah, Pabung 1012 Buntok Mayor R Hadi, Ketua Pengadilan Negeri Tamiang Layang Maskur Hidayat, dan sejumlah  tokoh agama, tokoh adat, tokoh masyarakat, tokoh pemuda dan insan pers.

"Coffe morning ini dalam rangka menyikapi pelaksanaan pemilu 2019 di wilayah hukum Polres Barito Timur," kata Kapolres Bartim Zulham Effendy disela-sela pertemuan di Tamiang Layang.

Menurutnya, gejolak pasca pemilu 2019 tidak berpengaruh terhadap keamanan dan ketertiban masyarakat di wilayah hukum Polres Barito Timur. Meski begitu, beberapa peristiwa yang terjadi di luar Kalimantan pada saat berlangsung dan setelah pemungutan suara pemilu 2019, tetap perlu dilakukan berbagai upaya pencegahan.

Dia mengatakan dengan adanya hasil perhitungan cepat calon Presiden/Wakil Presiden yang dipublikasi beberapa media,  memungkinkan akan terjadi pergerakan massa di Jakarta.

"Kalau di Kabupaten Bartim sudah tercipta pemilu yang aman, tertib dan lancar. Saya harapkan seluruh elemen masyarakat di Barito Timur menyampaikan bahwa, lebih baik menunggu pengumuman resmi hasil pemilu dari Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia," kata Zulham.

Sementara itu, Bupati Barito Timur Ampera AY Mebas mengaku terciptanya kondisi yang aman dan kondusif di Kabupaten ini merupakan anugerah yang dimiliki berkat kerjasama seluruh elemen masyarakat.

"Berkaitan siapa yang menang dalam Pilpres maupun pemilu legislatif, kita semua hendaknya menunggu hasil informasi resmi dari KPU," kata Ampera.

Saat ini, hasil suara pemilu 2019 telah sampai di tingkat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) masing-masing kecamatan se Kabupaten Barito Timur dan akan segera dilaksanakan pleno penetapan hasil pemilu 2019.

Dia mengatakan siapapun yang dipilih dalam Pemilu 2019, hendaknya masyarakat kembali merajut persatuan dan kesatuan demi terwujudnya Indonesia yang aman dan damai.

"Jika ada warga atau siapapun yang memiliki informasi terkait pemilu 2019, kami harapkan bisa menyampaikannya kepada kami, agar kita semua bisa meminimalisir semua permasalahan yang terjadi demi kedamaian di Kabupaten Barito Timur dan kedamaian Indonesia," demikian Ampera.