Sekda ajak masyarakat jaga kebersihan pantai di Sukamara

id pemkab sukamara,sekda sutrisno,gerakan bersih pantai,kawasan pesisir,laut,keanekaragaman hayati,tangkapan ikan,nelayan,perekonomian daerah,pantai lunc

Sekda ajak masyarakat jaga kebersihan pantai di Sukamara

Gerakan bersih pantai di Pantai Citra Desa Sei Cabang Barat dan Pantai Tanjung Nipah Desa Sei Raja. (ist)

Sukamara (ANTARA) - Sekretaris Daerah Kabupaten Sukamara, Kalimantan Tengah Sutrisno mengajak masyarakat dan pelaku usaha di kawasan pantai dan sekitarnya, menjaga kebersihan lingkungan guna mencegah terjadinya pencemaran.

“Pantai merupakan salah satu objek wisata andalan yang kita miliki, untuk itu harus dijaga kebersihannya dari sampah yang seringkali dibuang secara sembarangan," katanya di Sukamara, Minggu.

Baru-baru ini digelar gerakan bersih lingkungan di kawasan pantai dan sekitarnya. Kegiatan tersebut diharapkan mampu memotivasi dan mengajak masyarakat berpartisipasi dalam kegiatan rehabilitasi ekosistem di kawasan pesisir serta upaya penanggulangan pencemaran lingkungan.

Sutrisno menjelaskan, setiap sampah harus dibuang pada tempatnya sehingga tidak mencemari lingkungan, khususnya sampah plastik yang sulit terurai dan menjadi permasalahan serius di seluruh dunia.

Gerakan bersih lingkungan khususnya pantai, harus terus digalakkan dengan melibatkan berbagai pihak dan dilakukan secara rutin. Menurutnya, siapa pun bisa melakukannya tanpa harus campur tangan pemerintah.

"Sebab kebersihan lingkungan merupakan tanggung jawab semua pihak, tidak hanya pemerintah ataupun individu secara perorangan," paparnya.

Ia juga mengungkapkan, pencemaran yang terjadi di kawasan pesisir dan laut menimbulkan berbagai persoalan yang kompleks serta mengancam keanekaragaman hayati.

Untuk itu pengendalian dan pencegahan terhadap pencemaran maupun kerusakan di kawasan pesisir dan laut sangatlah penting, apalagi pantai menjadi daya tarik utama pariwisata di Sukamara. Selama ini keberadaan pantai sebagai objek wisata, berkontribusi besar terhadap pertumbuhan ekonomi, khususnya di Kecamatan Pantai Lunci dan Jelai.

Jika pantai dan laut dalam keadaan bersih dan aman dari pencemaran, maka akan berdampak positif pada kesejahteraan nelayan. Sebab keanekaragaman hayati termasuk ikan akan terus melimpah dan memberikan kemudahan bagi nelayan dalam melakukan pekerjaannya.

“Jadi membersihkan sampah tidak hanya berguna untuk mencegah pencemaran, tetapi juga dalam rangka menambah penghasilan nelayan,” jelasnya.