Kejaksaan pantau penghitungan suara pemilu di Bartim

id kejaksaan negeri barito timur,Kepala Kejaksaan Negeri Bartim Roy Rovalino Herudiansyah ,Kepala Kepala Seksi (Kasi) Intelijen Arief Zein,pemilu 2019,re

Kejaksaan pantau penghitungan suara pemilu di Bartim

Kasi Intelijen Kejaksaan Negeri Barito Timur Arief Zein Nohktah (kanan) bersama Camat Dusun Timur Andrunganyan saat rekapitulasi perhitungan suara di Kecamatan Dusun Timur. (ist)

Tamiang Layang (ANTARA) - Kejaksaan Negeri Barito Timur, Kalimantan Tengah turut memantau proses rekapitulasi penghitungan suara pemilu serentak tahun 2019 yang digelar di wilayah setempat.

Pemantauan dilakukan sesuai instruksi pimpinan, dalam rangka menyukseskan pemilu serentak tahun 2019 di seluruh wilayah Indonesia termasuk di Bartim, kata Kepala Kejaksaan Negeri Bartim Roy Rovalino Herudiansyah melalui Kepala Seksi (Kasi) Intelijen Arief Zein di Tamiang Layang, Minggu.

"Pengawalan dan pemantauan setiap pelaksanaan rekapitulasi perolehan suara kami lakukan hingga tingkat kecamatan," katanya saat dihubungi Antara Kalteng.

Menurut Arief, pengawalan dan pemantauan dilaksanakan sejak tahap awal penyelenggaraan pemilu, yakni dengan dibentuknya Posko Pemantauan Pemilu Serentak tahun 2019 dengan mengumpulkan informasi dan data terkait proses tata pelaksanaan pemilu hingga perhitungannya.

Selain itu, pemantauan dilakukan guna mengantisipasi kerawanan terkait dinamika sosial dan budaya yang terjadi di masyarakat ketika pesta demokrasi berlangsung.

"Kami juga memantau permasalahan hukum yang mungkin terjadi pada tiap tahapan pemilu tahun 2019," ungkapnya.

Dalam pemantauan, Kejaksaan Negeri Bartim terus berkoordinasi dengan setiap unsur pimpinan, baik yang berada dalam Dukungan Elemen Satuan Kerja (DESK) Pemilu, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) serta Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat.

"Segala informasi dan data yang kami dapat akan diolah dan dilaporkan, serta sebagai data pendukung bagi personel kejaksaan yang ditugaskan di Sentra Gakkumdu Bartim," jelasnya.

Arief memaparkan, pemantauan dilakukan hingga pemilu selesai, yakni hingga selesainya tahapan rekapitulasi penghitungan suara di tingkat kabupaten oleh KPU setempat yang akan dilaksanakan dalam beberapa hari kedepan.

Pihaknya berharap tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat dan tokoh pemuda yang ada di Bartim turut berpartisipasi dan menyampaikan kepada masyarakat untuk bersama-sama menjaga keamanan dan ketertiban daerah. Semua pihak diminta bersabar dan menunggu hasil perhitungan resmi yang akan dilakukan oleh penyelenggara pemilu.