Peserta pemilu apresiasi pengamanan pemilu di Kotim

id Peserta pemilu apresiasi pengamanan pemilu di Kotim,Pemilu,Kotawaringin Timur,Sampit,Capres

Peserta pemilu apresiasi pengamanan pemilu di Kotim

Kapolres AKBP Mohammad Rommel berbincang dengan Ketua KPU Kotim Siti Fathonah Purnaningsih saat pemilu serentak 17 April 2019. Rommel mendatangi gudang logistik memantau ketika banyak laporan terjadi kekurangan surat suara. (Foto Antara Kalteng/Norjani)

Sampit (ANTARA) - Peserta pemilu di Kabupaten Kotawaringin Timur Kalimantan Tengah mengapresiasi pengamanan pemilu serentak 2019 di daerah ini yang dinilai sangat bagus sehingga pesta demokrasi berjalan lancar, aman dan damai.

"Kami sangat mengapresiasi pengamanan oleh Polri dan TNI. Mereka sudah menjalankan tugas dengan baik, khususnya di Kotawaringin Timur ini sehingga pemilu berjalan aman. Pengamanannya bagus," kata Ketua Tim Pemenangan Prabowo Subianto - Sandiaga Salahuddin Uno Kotawaringin Timur H Ary Dewar di Sampit, Senin.

Tahapan paling penting pemilu serentak di Kotawaringin Timur yaitu rekapitulasi perolehan suara telah dilaksanakan pada Jumat (3/5) lalu. Semua berjalan dengan baik meski ada beberapa catatan, termasuk laporan dugaan penggelembungan suara di tingkat kecamatan yang saat ini ditangani Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu).

Ary yang merupakan Ketua DPC Partai Gerindra Kotawaringin Timur menilai pemilu kali ini sangat rumit dan melelahkan, namun dia bersyukur pelaksanaannya di Kotawaringin Timur berjalan lancar dan kondusif. Kepolisian dibantu TNI bekerja keras mengamankan sejak tahapan pemilu dimulai setahun lalu hingga tahapan penting yaitu distribusi logistik, serta pemungutan dan penghitungan suara.

Ary mengakui koordinasi dan komunikasi yang dijalankan aparat keamanan sangat baik. Dampaknya, peserta pemilu dan masyarakat sepakat dan mempunyai komitmen yang sama untuk menjaga daerah agar tetap kondusif.

"Tidak ada gesekan di Kotawaringin Timur. Kami peserta pemilu pun bersaing mencari suara dengan tetap menjaga hubungan tetap baik. Indikasi kecurangan juga kecil sehingga Bawaslu lebih santai. Tinggal laporan yang di Mentaya Hulu itu yang harus diproses sesuai aturan," kata Ary Dewar.

Apresiasi yang sama juga disampaikan Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kotawaringin Timur Siti Fathonah dan Ketua Bawaslu Kotawaringin Timur Muhammad Tohari. 
Saat memberikan pernyataan bersama usai rapat pleno rekapitulasi perolehan suara di tingkat kabupaten pada Jumat (3/5) lalu, mereka menyampaikan apresiasi kepada Polri dan TNI yang mengawal sehingga pemilu berjalan lancar dan situasi tetap kondusif.

Saksi pasangan calon presiden dan wakil presiden Prabowo Subianto - Sandiaga Salahuddin Uno Kabupaten Kotawaringin Timur Bambang menyampaikan terima kasihnya kepada KPU dan Bawaslu selaku penyelenggara. 

"Terima kasih kepada Polri dan TNI yang bersusah payah mengamankan pemilu. Terima kasih juga masyarakat ikut menyukseskan dan menjaga keamanan dan ketertiban. Pemilu 2019 di Kotawaringin Timur damai, aman dan tenteram," kata Bambang.

Saksi pasangan calon presiden dan wakil presiden Joko Widodo - Ma'ruf Amin Kabupaten Kotawaringin Timur Imam Riady juga mengungkapkan hal yang sama. Dia menyampaikan terima kasih kepada Polri dan TNI yang selama ini bersusah payah mengamankan pesta demokrasi di Kotawaringin Timur sehingga berjalan aman dan lancar.

"Ini juga tugas kita bersama menjaga agar tetap kondusif. Apapun hasilnya, mari kita bergandengan tangan kembali untuk membangun Kabupaten Kotawaringin Timur," demikian Imam.