Maksimalkan keberadaan BUMDes, kata Legislator Seruyan

id Dprd seruyan, legislator, badan usaha milik desa, bumdes, pendapatan asli desa, tenaga kerja, lapangan pekerjaan, kuala pembuang, legislatif, aparatur

Maksimalkan keberadaan BUMDes, kata Legislator Seruyan

Ilustrasi-Wisatawan berjalan di kawasan wisata alam Posong lereng Gunung Sindoro, Desa Tlahab, Kledung, Temanggung, Jawa Tengah. Wisata alam Posong menawarkan kesejukan udara dan pemandangan alam pegunungan yang dikelola oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). (ANTARA FOTO/ANIS EFIZUDIN)

Kuala Pembuang (ANTARA) - Legislator Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah Arahman meminta, agar pemerintah desa bisa memaksimalkan peran dan fungsi dari Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) yang mereka miliki.

"Pemanfaatan BUMDes yang ada di masing-masing desa, harus dimaksimalkan guna meningkatkan pendapatan serta menyediakan lapangan pekerjaan," tuturnya di Kuala Pembuang, Kamis.

Beberapa waktu lalu Pemerintah Kabupaten Seruyan, melalui Dinas Pemerdayaan Masyarakat dan Desa setempat telah melaksanakan sosialisasi tentang BUMDes.

Menanggapi hal itu, pihaknya menyatakan dukungan serta apresiasinya terhadap agenda tersebut, mengingat tujuannya adalah untuk memaksimalkan peran BUMDes di setiap desa.

Politisi Demokrat itu menjelaskan, agenda tersebut juga bisa dimanfaatkan bagi desa yang belum memiliki BUMDes, guna mengetahui tahapan serta tata cara tentang pendirian dan pembangunan BUMDes yang potensial.

"Kami selaku wakil rakyat sangat mendukung sekali agenda tersebut, agar kedepannya BUMDes di setiap desa yang ada di Seruyan ini bisa lebih maksimal lagi," terangnya.

Dengan adanya narasumber yang hadir dalam sosialisasi itu serta yang benar-benar ahli dalam bidangnya, tentu bisa menambah wawasan bagi seluruh aparatur desa tentang BUMDes.

Dengan demikian, para aparatur desa bisa mempunyai wawasan lebih tentang BUMDes dan diharapkan bisa kreatif dalam menggali potensi di desanya masing-masing.

"Kami harapkan pihak desa bisa mempunyai wawasan yang lebih tentang tata cara mendirikan BUMDes, sehingga tidak lagi mengalami kesulitan," jelas Arahman.