DPRD ajak pemuda jadi pelopor pencegahan peredaran narkoba

id ketua dprd kota palangka raya,sigit k yunianto

DPRD ajak pemuda jadi pelopor pencegahan peredaran narkoba

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Sigit K Yunianto . (FOTO ANTARA/Rendhik Andika)

Kalau bukan mereka siapa lagi yang menyelamatkan masa depan bangsa
Palangka Raya (ANTARA) - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah, Sigit K Yunianto mengatakan generasi muda di kota setempat harus menjadi pelopor pencegahan peredaran narkoba.

"Pemuda para calon penerus tampuk kepemimpinan bangsa harus menjadi garda terdepan dalam upaya pencegahan peredaran narkoba. Kalau bukan mereka siapa lagi yang menyelamatkan masa depan bangsa," kata Sigit di Palangka Raya, Kamis.

Maraknya peredaran narkoba di daerah hanya akan merusak sumber daya manusia yang dimiliki, khususnya generasi muda sebagai penerus tongkat estafet pembangunan, baik di tingkat daerah maupun nasional. Menurut dia, saat ini peredaran narkoba tidak hanya menyasar kalangan pekerja, namun generasi muda yang masuk dalam tahap pencarian jati diri juga menjadi target peredaran barang haram tersebut.

Baca juga: DPRD: Zonasi PPBD sebagai upaya pemerataan kualitas pendidikan

Untuk itu, politisi PDI Perjuangan itu meminta generasi muda saat ini juga fokus meningkatkan kualitas dan karakter diri sebagai bekal menangkal berbagai dampak negatif peredaran dan penyalahgunaan narkoba.

Generasi muda juga diajak berperan aktif melakukan pencegahan peredaran barang haram itu diantaranya dengan mengampanyekan dampak penyalahgunaan narkoba baik untuk diri pribadi, keluarga maupun masyarakat.

Sigit mengingatkan kepada masyarakat maupun generasi muda, untuk tidak terlibat dan berani mengonsumsi narkoba. Sebab narkoba merupakan mesin pembunuh yang nyata, terlebih bagi mereka yang sudah kecanduan.

Baca juga: Pemkot diminta benahi sarana yang masuk penilaian Adipura

Pria yang menjabat Ketua DPRD Kota Palangka Raya dua periode itu pun meminta seluruh elemen masyarakat berperan aktif, membantu kepolisian dan pihak terkait memberantas peredaran narkoba.

"Agar Palangka Raya bebas dari narkoba, harus ada peran serta dari masyarakat. Tidak mungkin aparat bisa memberantas narkoba sendirian," katanya.

Bagi masyarakat yang memiliki informasi peredaran narkoba juga diminta segera melaporkannya kepada pihak yang berwajib, sehingga dapat segera dilakukan penanganan lebih lanjut.

"Untuk itu seluruh pemangku kepentingan juga agar berperan aktif memberantas barang haram tersebut melalui sosialisasi tentang pemahaman bahaya narkoba. Harus ada komitmen bersama untuk memerangi dan memberantas penyebaran narkoba," katanya.

Baca juga: DPRD optimis kota Palangka Raya raih Piala Adipura 2019
Baca juga: Legislator ajak kaum milenial jaga warisan leluhur budaya Kalteng