Pembangunan di perdesaan penting dalam sistem pertahanan semesta rakyat, kata Bupati Kobar

id pemkab kobar,pemerintah kabupaten kotawaringin barat,bupati nurhidayah,tentara manunggal membangun desa,tmmd,pembangunan perdesaan,pertahanan semesta

Bupati Kobar Nurhidayah disambut dengan tradisi adat potong pantan pada upacara pembukaan TMMD tahun 2019 di Kelurahan Pangkut, Kecamatan Arut Utara, Kobar, Kamis, (11/7/2019). (Antara Kalteng/Hendri Gunawan)

Pangkalan Bun (ANTARA) - Bupati Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah Nurhidayah mengatakan, pembangunan di wilayah perdesaan sangat strategis dalam upaya peningkatan taraf hidup dan kualitas masyarakat desa, sebagai salah satu sumber kekuatan dalam pelaksanaan sistem pertahanan semesta rakyat.

"Keberhasilan pembangunan desa sebagai cermin pemerataan kesejahteraan masyarakat, guna terciptanya keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia," katanya di Pangkalan Bun, Kamis.

Untuk itu pihaknya mendukung penuh terlaksananya kegiatan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-105 di wilayah Kodim 1014/Pangkalan Bun, yang dilaksanakan di Kelurahan Pangkut, Kecamatan Arut Utara.

Melalui kegiatan itu, diharapkan peran TNI dalam menjaga keutuhan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) semakin kuat dan dirasakan oleh seluruh lapisan masyarakat.

"Kami berharap semangat prajurit TNI 1014/Pangkalan Bun dapat diikuti oleh masyarakat sehingga bersama-sama menggiatkan pembangunan yang lebih baik kedepannya," jelasnya.

Sesuai amanat Panglima TNI pada rapat paripurna TMMD, bahwa kegiatan itu telah terlaksana sejak tahun 1980 dan sebagai bentuk partisipasi TNI dalam percepatan pembangunan nasional. Khususnya di wilayah yang terisolir, terpencil, daerah tertinggal, perbatasan maupun daerah yang terkena bencana

Ia menjelaskan, TMMD bukan hanya program TNI semata, namun juga merupakan program terpadu lintas sektoral. Yakni program bersama antara TNI, pemerintah pusat, pemerintah daerah dan komponen lainnya yang dilaksanakan bersama rakyat.

"Untuk itu kami sangat menyambut baik dan memberi dukungan penuh atas terlaksananya TMMD. Kami menyakini TMMD sangat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat maupun pemerintah daerah," terangnya.

Keterlibatan TNI dalam pembangunan desa juga bertalian dengan visi dan misi yang pihaknya miliki, yakni pembangunan daerah dimulai dari pemberdayaan melalui pembangunan daerah pinggiran atau perdesaan.

Melalui strategi pembangunan infrastruktur yang merata dan optimalisasi potensi sumber daya lokal dalam rangka peningkatan kesejahteraan masyarakat desa, diharapkan percepatan pembangunan dapat benar-benar diwujudkan sesuai harapan yang dimiliki semua pihak.
 

Pewarta :
Uploader : Admin 4
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar