Pengembangan tata ruang perkotaan di Bartim melalui pembangunan jalan lingkar luar

id Pemkab bartim, barito timur, bartim, tamiang layang, jalan lingkar luar, pembangunan, tata ruang, perkotaan, angkutan, kepadatan, lalu lintas, masyara

Pengembangan tata ruang perkotaan di Bartim melalui pembangunan jalan lingkar luar

Bupati Barito Timur Ampera AY Mebas menyerahkan bantuan alat dan mesin pertanian kepada kelompok tani secara simbolis saat Hari Jadi ke-17 tahun Kabupaten Barito Timur beberapa waktu lalu. (Foto Antara Kalteng/Habibullah)

Tamiang Layang (ANTARA) - Bupati Barito Timur, Kalimantan Tengah Ampera AY Mebas meminta dukungan penuh dari masyarakat, untuk menyukseskan program pembangunan jalan lingkar luar sepanjang 14,4 kilometer.

"Manfaat dibangunnya jalan lingkar luar yakni membantu dan mendukung pembangunan, khususnya pengembangan tata ruang perkotaan kedepannya," katanya di Tamiang Layang, Selasa.

Tata ruang perkotaan akan berkembang seiring terbangunnya jalan lingkar luar. Hal ini akan memicu perkembangan permukiman, perekonomian warga dan meningkatkan harga nilai jual objek pajak (NJOP) pertanahan di sekitar jalan lingkar luar.

Manfaat lainnya, Pemerintah Kabupaten Barito Timur bisa melakukan pembenahan jalan Ahmad Yani di kota Tamiang Layang secara maksimal.

Selain itu, sarana mobil angkutan akan diatur untuk melintasi jalan lingkar luar, sehingga akan mengurangi kepadatan arus lalu lintas di jalan perkotaan Tamiang Layang.

Pembangunan jalan lingkar saat ini terkendala masalah pembebasan lahan yang diminta sebagian warga Desa Jaar, Kecamatan Dusun Timur. Sehingga pembangunan jalan lingkar luar belum bisa terlaksana.

Pembangunan jalan lingkar luar sepanjang 14,4 kilometer itu melintasi lahan milik beberapa warga desa, seperti di Desa Jaar, Dorong dan Sumur.

Dalam melaksanakan pembangunan jalan lingkar luar, pemerintah kabupaten akan menggandeng Kodim 1012 Buntok, melalui program Karya Bakti TNI dengan sistem swakelola dengan dana Rp1,5 miliar yang bersumber dari APBD Barito Timur tahun anggaran 2019.

Jika masyarakat tidak mendukung pembangunan yang akan dilaksanakan pemerintah daerah, maka pembangunan jalan lingkar luar akan tertunda.

"Kami berharap masyarakat bisa mendukungnya demi tujuan bersama, yakni demi pembangunan Barito Timur yang lebih baik. Untuk itu, diharapkan agar rencana pembangunan jalan lingkar luar dapat terlaksana dengan baik dan bermanfaat bagi masyarakat," jelas Ampera.

Seruan permintaan dukungan, juga disampaikan Perwira Penghubung Kodim 1012 Buntok di Tamiang Layang Mayor R Hadi. Menurutnya, dukungan masyarakat untuk membangun Barito Timur yang lebih baik sangat diharapkan semua pihak.

"Dengan bersama dukungan masyarakat, maka pembangunan di Barito Timur akan berjalan dinamis dan sukses," tegasnya.