Manusia pertama Papua ada sekitar 50.000 tahun silam

id manusia pertama papua,balai arkeologi papua,manusia papua 50.000 tahun silam

Manusia pertama Papua ada sekitar 50.000 tahun silam

Ilustrasi - Mumi Aroba yang ada di Wamena, Kabupaten Jayawijaya yang telah dikonservasi oleh Balai Arkeologi Papua dan Balai Pelestarian Cagar Budaya Sulawesi Selatan pada Oktober-November 2017. (Dokumen Hari Suroto)

Jayapura (ANTARA) - Peneliti dari Balai Arkeologi Papua, Hari Suroto menyebutkan kehadiran manusia pertama Papua, sekitar 50.000 tahun silam, hal ini berdasarkan bukti data arkeologi yang ditemukan di Situs Teluk Huon, sebelah utara Papua Nugini.

Berbicara di Jayapura, Kamis, Hari mengatakan bukti arkeologi ini berupa kapak batu yang disebut dengan waisted atau kapak berpinggang. Nenek moyang pertama ini dikenal dengan Austromelanesia, yang menjadi nenek moyang orang Papua, Papua Nugini dan Melanesia.

Nenek moyang pertama ini membawa pengetahuan yang berharga yaitu pembuatan api. Bisa dikatakan bahwa orang Austromelanesia ini yang pertama kali mengeksploitasi daerah Pulau Nugini adalah pemburu dan pengumpul makanan, yang akhirnya bisa menentukan yang mana dari sumber alam yang tersedia di lingkungannya yang bisa dimakan, dengan bereksperimen memakan apapun yang tersedia di alam.

"Fauna yang terdapat di Nugini sama sekali belum terbiasa dengan manusia ketika mereka harus berhadapan dengan manusia-manusia yang lapar. Karena itu, kepunahan marsupial berbadan besar yang merupakan fauna endemik Nugini karena ulah manusia," ujarnya.

Menurut dia, setelah punahnya mamalia berbadan besar, hewan buruan yang ada hanya terbatas pada hewan-hewan kecil seperti tikus tanah, kuskus, kanguru tanah dan kanguru pohon.

Orang Austromelanesia ini dari Teluk Huon kemudian berpindah ke Situs Kuk di Lembah Waghi, dataran tinggi Papua Nugini dan mengembangkan pertanian keladi pada 8000 tahun yang lalu, kemudian mereka juga bermigrasi ke Lembah Baliem Papua dan mengembangkan pertanian buah merah pada 7000 tahun yang lalu.

Selain buah merah, tambah dia, tanaman labu air bahan koteka juga mulai dibudidayakan di Lembah Baliem. Keberadaan kolam air asin di pegunungan tengah Papua juga menjadi daya tarik penghuni awal Papua untuk menempati wilayah tersebut. Di beberapa lokasi terpisah di wilayah dataran tinggi bisa dijumpai kolam-kolam air asin.

Sebelumnya, Wakil Kepala Bidang Penelitian Fundamental Prof. dr Herawati Sudoyo mengatakan hingga kini ia masih meneliti DNA nenek moyang pertama orang Papua.

Prof. dr Herawati Sudoyo di Jayapura, Senin, mengatakan nenek moyang orang Papua, dalam migrasi dari Afrika menuju Papua, melewati daratan Asia dan di situlah terjadi perkawinan dengan Denisova sehingga DNA orang Papua kemungkinan ada kesamaan dengan nenek moyang yang bernama Denisova.