Pawai takbir semarakkan perayaan Idul Adha di Palangka Raya

id Pemprov kalteng, pemerintah provinsi, sekda, fahrizal fitri, kalteng, kalimantan tengah, pawai takbir, idul adha, hari raya, hari raya haji, palangka

Pawai takbir semarakkan perayaan Idul Adha di Palangka Raya

Sekda Kalteng Fahrizal Fitri saat melepas peserta pawai takbir di Bundaran Besar, Palangka Raya, Sabtu, (10/8/2019). (Foto Kominfosantik Kalteng)

Palangka Raya (ANTARA) - Pawai takbir menyambut hari raya Idul Adha 10 Dzulhijjah 1440 Hijriah, digelar di kawasan Bundaran Besar Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah pada Sabtu (10/8) malam.

"Kami menyambut baik, mengapresiasi, bangga serta gembira, karena kegiatan itu dinilai mampu menjalin silaturahmi, serta semakin menyemarakkan maupun memeriahkan hari raya Idul Adha," kata Gubernur Kalteng Sugianto Sabran melalui Sekretaris Daerah Kalteng Fahrizal Fitri.

Pada malam yang membahagiakan serta penuh berkah tersebut, seluruh umat muslim di tanah air mengumandangkan takbir, tahlil serta tahmid, untuk mengagungkan kebesaran Ilahi, memuji dan memanjatkan rasa syukur kepada Allah SWT.

Untuk itu, pihaknya mengajak seluruh umat muslim yang ada di Kalteng, menjadikan momentum tersebut sebagai landasan membangun kebersamaan, dalam menyukseskan pembangunan di daerah.

"Pawai takbir yang digelar itu, kami harapkan menjadi media mempererat tali silaturahmi, baik antar sesama muslim maupun antar umat beragama lainnya," ungkapnya.

Pawai takbir juga diharapkan mampu menjadi sarana syiar Islam, sebagai cerminan tentang ajaran Islam yang aman, damai serta saling menjaga toleransi. Hal itu merupakan implementasi dari ajaran Islam yang rahmatan lil'alamin.

Pemprov Kalteng juga menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan kepada Panitia Hari Besar Islam (PHBI) setempat serta pihak lain yang berpartisipasi, dalam pelaksanaan pawai takbir.

Lebih lanjut pihaknya berharap, agar pelaksanaan ibadah shalat Idul Adha maupun kurban pada Minggu (11/8), bisa terlaksana dengan baik dan lancar, baik di wilayah perkotaan maupun pelosok perdesaan.

Kedua ibadah itu, hendaknya dilaksanakan dengan penuh khidmat, sebagai ungkapan rasa syukur atas segala nikmat dan anugerah yang telah diberikan Allah SWT kepada umatnya dalam menjalani kehidupan selama ini.

"Kami pun mengajak umat muslim yang ada di Kalteng dimana pun berada, agar dapat melaksanakan ibadah shalat Idul Adha di masing-masing rumah ibadah di lingkungannya, serta menyukseskan ibadah kurban," ungkapnya.