Pawai Gema Takbir di Kapuas diikuti 124 peserta

id Pawai Gema Takbir di Kapuas diikuti 124 peserta,Idul adha,Pawai,Kapuas

Pawai Gema Takbir di Kapuas diikuti 124 peserta

Wakil Bupati Kapuas H Muhammad Nafiah Ibnor melepas peserta Pawai Gema Takbir Idul Adha 1440 Hijriah,di depan halaman rumah jabatan Bupati Kapuas di Jalan Sudirman Kuala Kapuas, Sabtu (10/8/2019) malam. (Foto Antara Kalteng/ All Ikhwan)

Kuala KapuasĀ  (ANTARA) - Sebanyak 124 peserta dari sejumlah kecamatan, instansi terkait, Masjid, Langgar, organisasi kemasyarakatan, pemuda, sekolah dan organisasi terkait lainnya mengikuti Pawai Gema Takbir Idul Adha 1440 Hijriah di Kabupaten Kapuas Kalimantan Tengah pada Sabtu (10/8) malam.

“Kalau total dengan orangnya hampir 3.000 orang yang mengikuti Pawai Gema Takbir Hari Raya Idul Adha ini, yang terbagi empat katagori yaitu pejalan kaki, becak hias, mobil hias dan tossa hias,” kata Ketua Panitia pelaksana Tommy Saputra.

Kegiatan ini, kata pria yang akrab disapa Tommy ini, digagas oleh Panitia Hari Besar Islam (PHBI) setempat, dengan mengambil star pawai di depan halaman rumah jabatan Bupati Kapuas di Jalan Sudirman dan berakhir di depan Masjid Agung Al Mukarram Amanah Jalan Tambun Bungai Kuala Kapuas.

Kegiatan yang dipimpin Wakil Bupati Kapuas H Muhammad Nafiah Ibnor tersebut berlangsung meriah. Warga juga sangat antusias menyaksikan iring-iringan peserta yang menampilkan beragam desain kendaraan hias.

“Untuk tahun ini, panitia selain menyediakan uang pembinaan, tropi dan piagam penghargaan kepada para peserta yang menang, panitia juga menyiapkan tiga ekor kambing yang nantinya bagi para pemenang akan diserahkan selepas sholat Idul Adha besok,” katanya.

Tommy menambahkan, pawai Gema Takbir untuk Idul Adha pada tahun ini antusias para peserta pawai sangat luar biasa dibanding Pawai Gema Takbir Hari Raya Idul Fitri. 
“Insya Allah beberapa minggu akan datang kami mempersiapkan pawai 1 Muharam, dan Insya Allah para peserta pawai membludak dan lebih banyak lagi pesertanya,” ujarnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Kapuas H Muhammad Nafiah Ibnor, menyampaikan ucapan selamat Hari Raya Idul Adha 1440 Hijeriah kepada masyarakat muslim yang ada di daerah setempat.
Sejumlah peserta Pawai Gema Takbir Hari Raya Idul Adha 1440 Hijriah di Kabupaten Kapuas saat menampilkan sejumlah ornamen bernuansa Islami. (Foto Antara Kalteng/All Ikhwan)

“Kepada masyarakat, dengan adanya pawai takbir ini akan dapat mempersatukan masyarakat dalam silaturahim, kekeluargaan serta kebersamaan untuk membangun Kota Kuala Kapuas ini,” ucap Nafiah Ibnor.

Orang nomor dua di Kabupaten Kapuas ini juga berharap masyarakat yang berkurban atau yang mempunyai kemampuan, agar dapat berbagi dan menyentuh kepada masyarakat yang tidak mampu, sehingga pada hari kurban ini, mereka dapat kebersamaan dan menikmati daging hewan kurban sumbangan dari orang yang berkurban.

“Kemudian bagi jamaah haji yang melaksanakan ibadah di suci Mekah pada tahun ini, kita doakan juga aman, sukses dan pulang ke tanah air di Kabupaten Kapuas dengan kondisi mendapat haji yang mabrur,” demikian Muhammad Nafiah Ibnor.

Baca juga: Pawai obor takbiran perkuat wisata religi Kotim