Akhir Desember 2019 jalan layang Pangkalan Bun-Kolam bisa dilintasi

id kalimantan tengah,kalteng,pupr kalteng,pangkalan bun-kolam,jalan layang di kalteng,kepala dinas pupr kalteng,shalahuddin

Akhir Desember 2019 jalan layang Pangkalan Bun-Kolam bisa dilintasi

Kepala Dinas PUPR Kalteng Shalahuddin. (FOTO ANTARA/Jaya W Manurung)

Palangka Raya (ANTARA) - Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kalimantan Tengah Shalahuddin memastikan jalan layang yang sedang dibangun  di Pangkalan Bun-Kotawaringin Lama, Kabupaten Kotawaringin Barat dapat dipergunakan dan dilintasi oleh masyarakat di akhir Desember 2019.

"Pengerjaannya sebenarnya diperkirakan telah selesai di awal Desember 2019, namun karena ada beberapa hal yang harus dipersiapkan, jadinya bisa dipergunakan akhir Desember," kata Shalahuddin di Palangka Raya, Rabu.

Dia membenarkan paket proyek multiyears pemerintah provinsi yang berada di sekitar Pangkalan Bun-Kolam, Simpang km34-Simpang Benangin sempat terlambat atau pengerjaan baru di bawah 50 persen. Namun, keterlambatan itu terus di kebut pengerjaannya, dan sekarang ini sudah terkejar serta diyakini selesai awal Desember 2019.

Shalahuddin mengatakan jalan layang Pangkalan Bun-Kolam sekarang ini sudah dalam tahap pengecoran lantai. Setelah pengecopan tersebut selesai, maka jalan layang tersebut tinggal melihat sejauh mana kesiapannya untuk dipergunakan dan dilintasi masyarakat.

"Tidak benar ada yang menyatakan bahwa pengerjaan jalan Layang Pangkalan Bun-Kolam terlambat. Kami sangat yakin lah jalan Pangkalan Bun-Kolam bisa dilintasi paling lambat akhir Desember 2019," tegasnya.

Mengenai adanya anggapan bahwa pemerintah provinsi lebih memprioritaskan pembangunan infrastruktur di bagian barat Kalteng, dibantah Kepala Dinas PUPR Kalteng itu. Menurut dia, pemprov sebenarnya menganggarkan pembangunan secara merata di kabupaten/kota se-Kalteng.

Baca juga: Jalan Pangkalan Bun-Kotawaringin Lama ditutup, Ini alasannya

Dia mengatakan anggaran lebih besar ke pembangunan jalan layang Pangkalan Bun-Kolam bertujuan agar pengerjaannya langsung tuntas dan bisa langsung dipergunakan masyarakat, sehingga ke depan bisa diarahkan ke tempat lain.

"Tapi kan proyek multiyears pemprov yang dilaksanakan sejak tahun 2018 kan merata di sejumlah kabupaten. Bapak Gubernur Sugianto Sabran kan juga sudah berupaya keras berkomunikasi dengan pusat agar jalan layang di sekitar Bukit Rawi bisa dibangun. Sekarang ini kan sudah dikerjakan," ucap Shalahuddin.

Informasinya pemerintah pusat akan melakukan proyek multiyears terhadap pembangunan jalan layang di sekitar Bukit Rawi. Rencananya lelang multiyears akan dilaksanakan pada Oktober atau November 2019, sehingga jalan layang yang dibangun nantinya sepanjang 3km.

"Jalan layang di sekitar Bukit Rawi itu kan peruntukannya ke arah Gunung Mas, Pulang Pisau, Kapuas, dan sejumlah kabupaten di Barito. Jadi, Gubernur memberikan perhatian kepada seluruh kabupaten/kota di Kalteng, bukan hanya di wilayah barat," demikian Shalahuddin.

Baca juga: Keluhan masyarakat terkait kerusakan jalan telah ditangani PUPR Kalteng

Baca juga: Anggaran membangun Stadion Tuah Pahoe ditambah Rp5 miliar

 

Pewarta :
Uploader : Admin 3
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar