Tahun baru Islam, umat diimbau lakukan ini

id Tahun baru Islam, umat diimbau lakukan ini,Pawai,Kemenag,Hilal

Tahun baru Islam, umat diimbau lakukan ini

Kepala Kantor Kementerian Agama Kotawaringin Timur H Samsudin saat mencoba melihat hilal, Jumat (30/8/2019) sore. ANTARA/HO-Kemenag Kotim

Sampit (ANTARA) - Kementerian Agama memastikan 1 Muharam 1441 Hijriah atau tahun baru Islam jatuh pada Minggu (1/9) dan umat Islam diimbau memaknai pergantian tahun ini dengan meningkatkan amal ibadah.

"Mudah-mudahan tahun ini lebih baik dari tahun kemarin. Kami mengimbau kepada kaum muslimin dan muslimat untuk meningkatkan kualitas iman dan takwa serta terus memperbaiki diri untuk mencapai akhlak yang mulia," kata Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kotawaringin Timur H Samsudin di Sampit, Sabtu.

Samsudin yang juga Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama Kotawaringin Timur mengajak umat Islam melakukan introspeksi diri tentang apa saja yang sudah dilakukan dalam setahun terakhir. Berbagai kekurangan harus menjadi catatan untuk diperbaiki pada tahun berikutnya.

Aktivitas ibadah juga harus menjadi renungan bagi setiap umat Islam. Tahun baru diharapkan membawa semangat baru untuk meningkatkan amal ibadah dan menjalankan semua perintah agama.

Tahun baru hijriah membawa pesan agar setiap insan melakukan hijrah ke arah perbaikan. Semua kekurangan dan kekeliruan yang pernah dilakukan harus menjadi pelajaran agar tidak terjadi lagi.

Sangat merugi jika terus melakukan kesalahan dan terus berulang. Setiap umat Islam diharapkan terus memperbaiki tingkat keimanan dan ketakwaan sehingga membawa manfaat bagi banyak orang.

"Islam mengajarkan agar hidup kita bisa memberi manfaat bagi orang lain. Jika kita merasa melakukan perbuatan dosa, maka segera bertobat. Mari kita bersama-sama memperbaiki diri," ajak Samsudin.

Terkait kepastian tibanya 1 Muharam, Samsudin mengatakan pihaknya bersama pihak terkait telah melakukan rukyat hilal pada Jumat (30/8) petang. Rukyat hilal turut dihadiri oleh Saeful Hadi dari Bagian Kesra Setda Kotawaringin Timur, Ketua Majelis Ulama Indonesia Kotawaringin Timur H Amrullah Hadi, Ketua Pengurus Daerah Muhammadiyah Kotawaringin Timur H Mudlofar dan lainnya.

"Hilal tidak bisa dilihat. Selain karena kondisi alam yang berkabut,  berdasarkan dari hisab pun hilal masih berasa di angka 0,-14° yang artinya Sabtu masih berada di bulan Zulhijah atau tepatnya tanggal 30 Zulhijah 1440 H, dan Minggu tanggal 1 September 2019 dapat dipastikan sudah memasuki 1 Muharram 1441 Hijriah," demikian Samsudin.

Sementara itu, untuk memeriahkan tahun baru Islam 1 Muharam 1441 Hijriah, Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur menggelar pawai ta'aruf pada Minggu (1/9) pagi. Pawai dimulai dari depan rumah jabatan bupati di Jalan Achmad Yani menuju Taman Kota Sampit.


Pewarta :
Uploader : Admin 2
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar