Bupati sampaikan nota keuangan APBD Perubahan 2019

id apbd perubahan 2019,barito utara,bupati barut nadalsyah,dprd barito utara

Bupati sampaikan nota keuangan APBD Perubahan 2019

Bupati Barito Utara H Nadalsyah menyerahkan materi rapat kepada Ketua DPRD Hj Mery Rukaini didampingi Wakil Bupati Sugianto Panala Putra, Sekda H Jainal Abidin dan Wakil Ketua I Parmana Setiawan dan Wakil Ketua II Sastra Jaya, di gedung DPRD setempat di Muara Teweh, Senin (23/9/19) (ANTARA/Dokumen pribadi)

Muara Teweh (ANTARA) - Bupati Barito Utara H Nadalsyah menyampaikan nota keuangan perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Perubahan kabupaten setempat di Muara Teweh, Senin.

Berkenaan dengan diajukannya raperda APBD dan nota keuangan perubahan anggaran pendapatan dan belanja daerah tahun anggaran 2019 dan sesuai amanat UU Nomor 17 tahun 2013 tentang keuangan negara maupun UU nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintahan daerah, diamanatkan sebelum APBD perubahan ditetapkan pemerintah daerah terlebih dahulu menyampaikan raperda APBD dan nota keuangan perubahan kepada DPRD, kata Nadalsyah.

"Penyampaian raperda APBD dan nota keuangan perubahan APBD tahun anggaran 2019 merupakan agenda tahunan sebagai manivestasi dari siklus anggaran yang memiliki nilai sangat strategis bagi kelangsungan roda pemerintahan, pelaksanaan pembangunan dan pembinaaan kemasyarakatan di daerah," tambahnya.

Menurut H Koyem panggilan akrab Bupati Nadalsyah, dalam perubahan APBD Barito Utara tahun anggaran 2019 berpegang pada prinsip bahwa perubahan APBD ini tidak merubah kebijakan yang telah disepakati bersama, sebagaimana tercantum dalam Perda Nomor 33 Tahun 2018 tentang APBD Kabupaten Barito Utara tahun anggaran 2019.

Kemudian perubahan APBD tetap menganut prinsip anggaran berbasis kinerja. Setelah perubahan APBD yang telah ditetapkan dan disahkan oleh pejabat yang berwenang, tidak diperkenankan adanya perubahan maupun pergeseran anggaran atau revisi.

"Perubahan anggaran ini adalah merupakan perubahan pada APBD dari kegiatan mendahului perubahan serta kegiatan reguler dan anggaran pembiayaan dengan komposisi rancangan perubahan APBD Barito Utara tahun 2019," ujarnya.

Pendapatan sebesar Rp1,265 triliun, belanja sebesar Rp1,435 triliun yang terdiri dari belanja tidak langsung sebesar Rp737,6 miliar, belanja langsung Rp698,2 miliar mengalami  defisit sebesar Rp170,8 miliar.