Puan berpeluang jadi Ketua DPR

id ketua dprd,puan maharani,sekjen pdip ,hasto kristiyanto,pdip

Puan berpeluang jadi Ketua DPR

Sekjen DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto (kanan), didampingi Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Cirebon Imron Rosyadi (tengah), di sela Larung Cai Di Raga, di Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, Sabtu (28/9/2019) (Zuhdiar Laeis)

Jakarta (ANTARA) - Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto menyebutkan Puan Maharani memiliki peluang cukup besar untuk memimpin DPR RI.

"Mbak Puan tentu saja sebagai kader yang punya pengalaman sangat lengkap, di internal partai, di legislatif, eksekutif, memiliki kans yang cukup besar," katanya, di Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, Sabtu.

Hal itu disampaikannya di sela Larung Cai Di Raga, festival budaya yang berlangsung di Desa Ciledug Lor, Pamosongan, Kabupaten Cirebon, Jabar.

Apalagi, kata dia, Puan mendapatkan perolehan suara yang begitu besar mencapai 450 ribu suara sehingga menjadikannya tanggung jawab menjalankan wakil rakyat dengan sebaik-baiknya.

Baca juga: Yasonna mengundurkan diri dari Menteri Hukum dan HAM

Meski demikian, Hasto menegaskan keputusannya tetap berada di tangan Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri.

"Tapi nanti kita tunggu keputusan Ibu Megawati," katanya.

Yang jelas, kata dia, sebagaimana UU MD3, PDI Perjuangan dipercaya rakyat untuk memimpin DPR melalui perolehan suara terbanyak pada pemilu.

"Kami akan jalankan tugas dengan sebaik-baiknya," katanya.

Hasto juga memastikan bahwa PDI Perjuangan juga tidak mengenal rangkap jabatan di eksekutif maupun legislatif.

"Tentu saja kita kan tidak mengenal jabatan rangkap, bahwa jabatan legislatif itu tidak bisa merangkap sebagai eksekutif. Karena itulah, Pak Laoly (Menkumham) telah mengajukan surat pengunduran diri," katanya.