Kapuas raih penghargaan MURI pembaca Al Quran terbanyak 7.260 orang

id Kapuas raih penghargaan Muri pembaca Al Quran terbanyak 7.260 orang,MTQ,Kapuas,MURI

Kapuas raih penghargaan MURI pembaca Al Quran terbanyak 7.260 orang

Bupati Kapuas Kalimantan Tengah Ben Brahim S Bahat saat menerima MURI pembacaan Al Quran terbanyak 7.260 orang secara serentak dalam pembukaan MTQ ke-44 tahun 2019 tingkat Kabupaten Kapuas tahun 2019 di halaman Masjid Agung Al Mukarram Amanah Kapuas, Sabtu (19/10/2019) malam. ANTARA/HO-Diskominfo Kapuas

Kuala Kapuas (ANTARA) - Kabupaten Kapuas Kalimantan Tengah berhasil memecahkan Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) pembacaan Al Quran terbanyak yaitu ada 7.260 orang secara serentak dalam pembukaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-44 tingkat Kabupaten Kapuas tahun 2019 di halaman Masjid Agung Al Mukarram Amanah Kapuas, Sabtu (20/10) malam.

"Saya sangat bangga dengan Kabupaten Kapuas karena orangnya hebat-hebat, anak mudanya hebat-hebat,” ucap Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat dalam sambutannya usai menerima Muri pembacaan Al Quran terbanyak.

Rasa syukur dan terima kasih disampaikan secara langsung oleh orang nomor satu di Kabupaten Kapuas ini, karena pada malam pembukaan MTQ tersebut dapat dilaksanakan pembacaan Al Quran terbanyak yaitu ada 7.260 orang. Menurutnya, kegiatan tersebut membawa nama baik serta harum Kabupaten Kapuas.

"Untuk para anak muda dan para calon pemimpin masa depan, serta seluruh masyarakat Kapuas, saya mengajak untuk terus memelihara kerukunan, kebersamaan serta mengikat erat tali silaturahmi serta tali persaudaraan yang ada, begitu juga dengan selalu menjaga kebersihan di Kabupaten Kapuas," ajak Ben Brahim S Bahat.

Sementara H Suwarno Muriyat selaku panitia pemecahan rekor MURI menerangkan, terlaksananya kegiatan tersebut sebagai bentuk mengapresiasi kemampuan siswa siswi tingkat PAUD, SD, SMP dan SMA atau sederajat dalam baca tulis Al Quran oleh pemerintah daerah bersama dengan Kementerian Agama sekaligus sebagai titik awal untuk anak tuntas baca tulis Al Quran di Kabupaten Kapuas.

"Yang tentu memiliki tujuan untuk menggiatkan baca tulis Al Quran di Sekolah ataupun Madrasah serta tidak lepas dari LPTQ yang merupakan bagian tak terpisahkan dari Kapuas Cerdas," ucap Suwarno.

Camat Selat selaku Ketua Pelaksana Harian Noor Rahman menjelaskan, jumlah peserta yang mengikuti MTQ ke-44 tahun 2019 tingkat Kabupaten Kapuas, ada 17 kafilah yang mengikuti kegiatan pada tahun ini dengan jumlah peserta 420 dan pendamping 123 sehingga total yang mengikuti kegiatan ada 543 orang.

Ketua LPTQ Kabupaten Kapuas KH Muchtar Ruslan menerangkan, pelaksanaan MTQ tahun ini dipercepat dengan harapan untuk yang terbaik nantinya mendapat pembinaan lebih panjang sehingga saat tampil di MTQ tingkat provinsi yang akan digelar di Kota Buntok Kabupaten Barito Selatan dapat memberikan yang terbaik. 

"Kami mengucapkan terima kasih kepada pemerintah daerah atas perhatian yang diberikan pada kegiatan tersebut yang begitu luar biasa," demikian Muchtar Ruslan.

Pewarta :
Uploader : Admin 2
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar