BPJS kembali jadwalkan pertemuan kader JKN dan Ketua RT

id bpjs kesehatan muara teweh,kader jkn,pertemuan dengan ketua rt

BPJS kembali jadwalkan pertemuan kader JKN dan Ketua RT

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Muara Teweh Iwan Adriady memimpin rapat terkait rencana penjadwalan kembali pertemuan dengan Kader JKN termasuk Ketua RT di Muara Teweh,Selasa (30/7/2019).ANTARA/HO-BPJS Kesehatan Muara Teweh

Muara Teweh (ANTARA) - BPJS Kesehatan Muara Teweh kembali menjadwalkan pertemuan dengan kader Jaminan Kesehatan Nasional diantaranya sosialisasi bersama para Ketua RT di masing-masing kelurahan dan kecamatan di Kabupaten Barito Utara dalam mengumpulkan peserta yang masih mempunyai tunggakkan iuran.

“Kita terus upayakan untuk berkordinasi dengan ketua RT di daerah binaan masing-masing Kader JKN dan kedepan akan kembali dijadwalkan pertemuan bersama ketua RT dengan mengundang peserta menunggak yang ada di wilayah tersebut," kata Kepala BPJS Kesehatan Cabang Muara Teweh Iwan Adriady di Muara Teweh, Selasa (30/7).

Menurut dia, pertemuan  ini dalam upaya mengoptimalkan pelaksanaan fungsi pendaftaran, pemberian informasi dan penagihan iuran Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) yang dilakukan oleh Kader JKN.

Kader JKN, kata dia, dalam menjalankan fungsinya didaerah binaannya masing-masing, mungkin ada kendala dan hambatan yang berpengaruh terhadap capaian. 

"Kita siap mencari jalan keluar bersama agar kedepannya mendapat hasil sesuai dengan yang diharapkan," katanya.

Salah satu yang menjadi fokus dari kegiatan ini adalah pencapaian dari Kader JKN akan penagihan iuran dari peserta Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) atau yang biasa dikenal dengan peserta mandiri masih diperlukan terobosan-terobosan guna mendongkrak penerimaan iuran dan kolektabilitas iuran.

"Yang menjadi tugas kita bersama adalah tidak henti-hentinya mengingatkan kepada peserta untuk terus rutin dalam membayar iuran dan mengedukasi akan pentingnya memiliki jaminan kesehatan, jika terus rutin bayar iuran maka kartu akan terus aktif dan tidak terkendala saat mengakses pelayanan kesehatan," kata dia.

Ahmad, salah seorang Kader JKN dari Kecamatan Teweh Selatan mengapresiasi adanya upaya pertemuan dengan ketua RT tersebut.

"Kendala di lapangan seringkali nama dan alamat dari peserta yang menunggak tersebut susah untuk ditemukan, dengan adanya bantuan dari ketua RT di daerah yang bersangkutan tentu akan lebih mudah menemukan dan mengumpulkannya untuk diberikan sosialisasi. Dengan berbagai upaya ini kita akan terus bersemangat dalam menjalankan tugas dan mengedukasi peserta untuk dapat membayar iuran JKN-KIS nya," kata Ahmad.

Hingga Juli 2019, BPJS Kesehatan Cabang Muara Teweh memiliki 3 orang Kader JKN yang masing-masing bertugas di kecamatan Teweh Selatan,  Kelurahan Lanjas  dan Kelurahan Melayu Kabupaten Barito Utara.

Pewarta :
Uploader : Admin 1
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar