Kahayan Hilir juara Umum MTQ ke-IX tingkat Kabupaten Pulpis

id Pulang Pisau,Pulpis,MTQ ke-IX tingkat Kabupaten Pulpis,Sekretaris Daerah PulpisSaripudin ,MTQ tingkat kabupaten Pulpis

Kahayan Hilir juara Umum MTQ ke-IX tingkat Kabupaten Pulpis

Pejabat Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Pulang Pisau Saripudin menyerahkan piala bergilir kepada juara umum Kahayan Hilir pada penutupan MTQ ke-IX di Kecamatan Banama Tingang. (ANTARA/HO- Diskominfostandi Pulang Pisau)

Pulang Pisau (ANTARA) - Kecamatan Kahayan Hilir akhirnya keluar sebagai juara umum Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) ke-IX tingkat Kabupaten Pulang Pisau Kalimantan Tengah.

"Insya Allah ada empat pemenang dari MTQ ini yang diberangkatkan umrah," kata Sekretaris Daerah Pulpis Saripudin usai penutupan acara MTQ ke-IX tingkat Kabupaten Pulpis di Desa Tangkahen Kecamatan Banama Tingang, Senin (18/11/19) malam.

Saripudin mengatakan, bahwa sebelumnya bupati berjanji memberangkatkan umrah sebanyak dua orang dari pemenang lomba yang ditentukan, tetapi kini bertambah menjadi empat pemenang yang diberangkatkan umrah dari pemerintah setempat.

Saripudin juga mengucapkan penghargaan kepada para kafilah yang berlomba di dalam MTQ ini. Bagi kafilah yang belum mendapatkan juara dalam berbagai lomba, jangan bersedih dan terus berusaha menjadi yang terbaik dalam MTQ berikutnya.

Untuk pelaksanan Seleksi Tilawatil Quran (STQ) dan MTQ selanjutnya, terang Saripudin, sudah ada dua kecamatan yang siap dan menawarkan diri mengajukan sebagai tuan rumah. Dua kecamatan adalah Kecamatan Kahayan Kuala dan Kecamatan Jabiren Raya.

Baca juga: Bupati Pulpis janji pemenang MTQ akan di umrahkan

Ketua Panitia Pelaksana MTQ IX Kecamatan Banama Tingang, Ipda Ivan Danara Oktavian mengungkapkan secara keseluruhan pelaksanaan MTQ mendapatkan respon yang positif dari masyarakat setempat.

"Khususnya solidaritas sosial di kecamatan ini semakin menggeliat," tandas Ivan.

Dikatakan Kapolsek Banama Tingang ini, awalnya pelaksanaan MTQ di Desa Tangkahen menimbulkan pro dan kontra di tengah masyarakat dengan perbedaan pikiran dan pendapat. 

Namun, setelah pelaksanaan dan hingga berakhirnya kegiatan, solidaritas masyarakat di daerah setempat meningkat dan menunjukan kuatnya toleransi dan kerukunan antar umat beragama.

Berikut juara pertama pada masing-masing cabang lomba yang dilaksanakan pada MTQ ke IX di Desa Tangkahen Kecamatan Banama Tingang. Tilawah Alquran Golongan Tartil Alquran diraih Muratil Muhammad Nahid Adli utusan Kecamatan Jabiren Raya dan Murattilah diraih Nazwa Hafizah utusan Kecamatan Banama Tingang.

Baca juga: Persiapan MTQ tingkat Kabupaten Pulpis capai 90 persen

Golongan anak-anak di raih Qori M Rizky Hamonangan utusan Kecamatan Kahayan Hilir dan Qoriah diraih Nursyifa utusan Kecamatan Kahayan Hilir. Golongan Remaja diraih Qori Bayla Nashim Ahmad utusan Kecamatan Kahayan Hilir dan Qoriah Widya Rahmah utusan dari Kecamatan Maliku. 

Golongan dewasa diraih Qori Fahrul Raji utusan Kecamatan Kahayan Hilir dan Qoriah Eliyana Hidayah utusan Kecamatan Maliku.

Golongan Qiro`at Sab`ah diraih Qori Taufik Rahman utusan Kecamatan Maliku dan Qoriah Siti Aisyah utusan Kecamatan Kahayan Hilir, dan Qiro`at Sab`ah tartil remaja sebagai kehormatan diraih Nurul Aufa utusan Kecamatan Kahayan Kuala.

Hifdz Alquran golongan 1 Juz dan tilawah diraih Hafidz Ahmad Khadafi utusan Kecamatan Kahayan Hilir dan Hafidzah Khalifatun Nisa utusan Kecamatan Kahayan Tengah. Golongan 5 Juz diraih Hafidz Andika

Huda Arrahman utusan Kecamatan Jabiren Raya dan Hafidzah Fakihatun Nisa utusan Kecamatan Banama Tingang. Golongan 10 Juz diraih Hafidz M Fitri Rasyid utusan Kecamatan Kahayan Hilir dan Hafidzah Azkia Ramadhana utusan Kecamatan Banama Tingang.

Baca juga: Mendekati waktu pelaksanaan, arena MTQ Pulpis belum selesai

Syarhil Quran putra diraih Muhammad Syaref dkk utusan Kahayan Hilir dan Syarhil Quran putri diraih Dian Ningsih Khairiyah dkk utusan Kecamatan Pandih Batu. Fahmil Quran putra diraih Kukuh Dwi Nugroho dkk utusan Kecamatan Kahayan Hilir dan Fahmil Quran putri diraih Nismah Sa`dah dkk utusan Kecamatan Banama Tingang.

Khattil Quran golongan naskah diraih Khattah Murjani utusan Kahayan Kuala dan Khattathah Mega Setiawati utusan Kecamatan Banama Tingang. Golongan dekorasi diraih Khattah Candra utusan Kecamatan Maliku dan Khattathah Nabilah Cahya utusan Kecamatan Jabiren Raya.

Hiasan Mushaf diraih Khattah Shalihin utusan Kecamatan Kahayan Hilir dan Khattathah Lulu`ul Hasanah utusan Kecamatan Kahayan Hilir. Kontemporer diraih Khattah M Khusnul Anwar utusan Kecamatan Banama Tingang dan Khattathah Halisah utusan Kecamatan Jabiren Raya. 

Makalah putra diraih Dandi Lukmadi utusan Kecamatan Sebangau Kuala dan malakah putri diraih Susanti utusan Kecamatan Banama Tingang.

Pewarta :
Uploader : Ronny
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar