Persiapan MTQ tingkat Kabupaten Pulpis capai 90 persen

id Pulang Pisau ,MTQ ke-IX ,MTQ ke-IX tingkat kabupaten pulpis,Persiapan MTQ tingkat Kabupaten Pulpis capai 90 persen

Persiapan MTQ tingkat Kabupaten Pulpis capai 90 persen

Persiapan di arena panggung utama pelaksanaan MTQ ke IX di Desa Tangkahen Kecamatan Banama Tingang. (ANTARA/HO-Panitia Pelaksana)

Pulang Pisau (ANTARA) - Wakil Ketua Panitia Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Kabupaten Pulang Pisau Kalimantan Tengah Riduan Sardani mengatakan, Desa Tangkahen Kecamatan Banama Tingang secara keseluruhan telah siap untuk menggelar MTQ ke-IX tingkat Kabupaten Pulang Pisau yang dibuka 15 November 2019.

"Secara keseluruhan perisapan arena dan penataan lokasi lomba sudah mencapai 90 persen," terang Sardani, Rabu.

Sardani mengatakan, persiapan MTQ di Kecamatan Banama Tingang hanya tinggal menyisakan persiapan lain dari panitia tim kerja. 

Baca juga: Bupati Pulpis minta generasi muda jadi pahlawan masa kini

Termasuk pelaksanaan gladi bersih untuk persiapan pembukaan, serta menunggu arahan-arahan dari tim kerja yang pada setiap saat selalu berkoordinasi di lapangan.

Sardani mengungkapkan secara keseluruhan jumlah kafilah yang berlomba dalam MTQ diperkirakan mencapai 400 orang dengan estimasi masing-masing kecamatan mengirimkan sebanyak 50 kafilah. 

Transportasi untuk mobilisasi peserta disiapkan sebanyak 10 armada roda empat, terdiri delapan unit untuk perwakilan kafilah masing-masing kecamatan, satu mobil untuk tim kerja, dan satu unit mobil tim pelaksana.

Baca juga: BPBD Pulpis sampaikan kendala penanganan karhutla kepada Komisi IV DPR RI

Untuk pemondokan kafilah, kata dia, memang tidak bisa menjadi satu tempat dan semua terpecah-pecah. Pemondokan sendiri terkendala karena jumlah umat muslim sedikit dan tinggal jauh dari lokasi arena MTQ 

Salah satu antisipasinya, panitia menyediakan kendaraan roda empat yang bisa digunakan untuk mengangkut para khafilah menuju arena lomba.

Penambahan MCK juga dilakukan untuk menunjang kebutuhan para kafilah. Dengan jumlah 50 khafilah, tentu pondokan sebagai tempat tinggal tidak mampu mengakomodir, sehingga panitia mengambil inisiatif perlunya dibangun MCK tambahan. 

Baca juga: Jangan 'kambing hitamkan' Pulpis terkait kabut asap di sebagian wilayah Kalteng

Selain itu untuk penyediaan air bersih, juga dibangun sumur bor di masjid pada arena MTQ yang merupakan bantuan dari pemerintah setempat.

Terkait dengan kendala lain yang dihadapi, terang Sardani, semua pasti memiliki kendala. Namun, bagaimanapun seluruh panitia harus bisa saling bekerja sama dan menutupi berbagai kekurangan, agar pelaksanaan MTQ ini bisa berjalan dengan baik.

Baca juga: PKK desa ujung tombak penggerak posyandu dan dasa wisma di Pulpis

Pewarta :
Uploader : Ronny
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar