Kelurahan Pulang Pisau perkuat pemberdayaan masyarakat

id Kelurahan Pulang Pisau perkuat pemberdayaan masyarakat,Pulang pisau

Kelurahan Pulang Pisau perkuat pemberdayaan masyarakat

Lurah Pulang Pisau Kecamatan Kahayan Hilir Kabupaten Pulang Pisau Purwaningsih. ANTARA/Adi Waskito

Pulang Pisau (ANTARA) - Lurah Pulang Pisau Kecamatan Kahayan Hilir Kabupaten Pulang Pisau Kalimantan Tengah  Purwaningsih mengatakan penguatan program pemberdayaan masyarakat menjadi prioritas yang menjadi perhatian pihaknya.

"Pemberdayaan masyarakat sangat penting demi peningkatan kesejahteraan. Selain itu, prioritas lainnya adalah peningkatan pelayanan dalam rekomendasi seperti surat pengantar untuk pembuatan KTP, Kartu Keluarga (KK) dan ataupun izin usaha tetap," kata Purwaningsih di Pulang Pisau, Jumat.

Dia menyebutkan, program pemberdayaan masyarakat itu diantaranya Pemberian Makanan Tambahan (PMT) kepada balita melalui empat Posyandu yang ada di Kelurahan Pulang Pisau.

Baca juga: Bupati Pulang Pisau soroti pola kerja aparatur desa banyak dikeluhkan

Program lainnya yaitu pembentukan dan pelatihan petugas perlindungan masyarakat atau Linmas untuk pengamanan pilkada, pelatihan Masyarakat Peduli Api (MPA), pelatihan kader kesehatan, pembentukan tim penggerak PKK dan ada juga berbentuk pengadaan seperti alat bermain dan alat belajar edukatif di PAUD, pengadaan alat Damkar dan pengadaan tong sampah yang diserahkan kepada setiap RT.

Tahun 2019 ini Kelurahan Pulang Pisau telah mendapat dana kelurahan yang terdiri dari dua bagian yaitu ada dari dana pusat dan dana dari kabupaten yang jumlahnya mencapai Rp384 juta. Untuk dana kabupaten jumlahnya mencapai Rp100 juta yang realisasinya dikeluarkan pemerintah setempat pada Agustus lalu. 

Untuk penggunaan dana tersebut, Ningsih mengatakan, dengan keterbatasan waktu, pihak lurah dari pertengahan tahun telah melakukan proses penyusunan program untuk penggunaan dana kelurahan tahun ini. 

Baca juga: Tiap desa harus miliki ciri khas, kata Bupati Pulang Pisau

Tahun 2020 mendatang ada beberapa program yang menjadi prioritas oleh Kelurahan Pulang Pisau untuk meningkatkan lagi pemberdayaan masyarakat. Untuk saat ini pada bidang kesehatan masih belum memiliki gedung Posyandu. Kedua pihak Kelurahan Pulang Pisau ingin memberdayakan organisasi Karang Taruna di tingkat Kelurahan yang belum aktif karena sebelumnya terbentur oleh keterbatasan dana. 

Aktivasi organisasi Karang Taruna ini diharapkan bisa memberikan wadah bagi pemuda di kelurahan setempat agar lebih aktif mengambil perannya dalam mengembangkan potensi yang ada sehingga menjadi pemuda yang memiliki sumber daya manusia yang berkualitas. 

Baca juga: Watannas Kajida wilayah Pulang Pisau, Edy Pratowo harapkan penanganan karhutla lebih efektif

Pewarta :
Uploader : Admin 2
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar