Pemkab Kotim harus permudah investasi

id Pemkab Kotim harus permudah investasi,Kotawaringin Timur,Kotim,Sampit,DPRD Kotim,Muhammad Kurniawan Anwar,Investasi,Investor

Pemkab Kotim harus permudah investasi

Anggota Komisi IV DPRD Kotawaringin Timur Bima Santoso dan Muhammad Kurniawan Anwar meninjau Dermaga Pelangsian saat reses di daerah pemilihan mereka di Kecamatan Mentawa Baru Ketapang, belum lama ini. ANTARA/HO-DPRD Kotim

Sampit (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur Kalimantan Tengah diminta menciptakan iklim yang nyaman bagi investasi agar makin banyak investor yang menanamkan investasinya ke daerah ini.

"Sudah saatnya kita lebih mempermudah akses bagi pihak lain yang ingin berinvestasi. Untuk itu diperlukan kepastian hukum serta keamanan dan kenyamanan dalam berinvestasi di Kotawaringin Timur," kata anggota Fraksi PAN DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur Muhammad Kurniawan Anwar di Sampit, Senin.

Legislator yang berlatar belakang seorang pengusaha ini menilai, Kotawaringin Timur merupakan 'center of bussiness' karena potensi ekonomi daerah ini memang cukup besar. Tidak hanya potensi sumber daya alamnya yang banyak, kabupaten ini juga memiliki potensi di bidang perdagangan, hiburan, jasa, pariwisata, pendidikan dan lainnya.

Pertumbuhan ekonomi daerah ini juga cukup bagus sehingga menjadi pertimbangan bagi calon investor. Data Badan Pusat Statistik, indeks pertumbuhan ekonomi Kotawaringin Timur mengalami peningkatan yang cukup tinggi dan stabil yaitu berada di atas tujuh persen. Pada 2016 sebesar 7,93 persen, 2017 sebesar 7,99 persen dan 2018 sebesar 7,01 persen.

Transportasi di Kotawaringin Timur juga lebih lengkap karena memiliki bandara dan pelabuhan laut. Bagi investasi, sarana dan prasarana juga menjadi hal penting karena berkaitan dengan banyak hal, khususnya pengangkutan bahan baku maupun hasil produksi.

Kondisi perekonomian Kotawaringin Timur yang cukup baik akan menarik perhatian investor. Ini menjadi peluang yang harus ditangkap dengan baik oleh pemerintah daerah.

Baca juga: Manuyang Anak jadi tradisi yang selalu dinanti

Reformasi birokrasi menjadi hal wajib dilakukan. Tujuannya agar investor mendapat kemudahan dan pelayanan terbaik sehingga mereka bisa beroperasi sesuai aturan.

"Hal ini selaras dengan paparan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo yaitu sudah saatnya kita mempermudah akses bagi pihak lain yang ingin berinvestasi," kata Kurniawan yang merupakan anggota Komisi IV.

Kurniawan berharap pemerintah daerah memberikan transfer pengetahuan kepada masyarakat agar selalu mengikuti perkembangan zaman, kemajuan teknologi serta kemajuan lainnya. Dengan begitu masyarakat akan lebih siap menghadapi persaingan dan menangkap berbagai peluang yang ada.

Kurniawan juga mengingatkan, kehadiran investasi di daerah ini harus membawa manfaat besar bagi masyarakat. Dia berharap masyarakat semakin sejahtera serta bisa menjadi tuan rumah di daerah sendiri di kabupaten berjuluk Bumi Habaring Hurung.

Baca juga: Sirkuit Merdeka Lintang Batang jadi penentu kroser terbaik Kalteng 2019

Pewarta :
Uploader : Admin 2
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar