Lima daerah di Kalteng menjadi tujuan mudik Natal gratis 2019

id Pemprov kalteng, kalteng, kalimantan tengah, mudik gratis, bus, palangka raya, desa, damri, terminal, nataru, natal, tahun baru, hbkn

Lima daerah di Kalteng menjadi tujuan mudik Natal gratis 2019

Pelepasan angkutan mudik Natal gratis Pemprov Kalteng tahun 2019 di Terminal WA Gara, Palangka Raya, Selasa, (24/12/2019). (ANTARA/Muhammad Arif Hidayat)

Palangka Raya (ANTARA) - Menyambut hari besar keagamaan nasional (HBKN) Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah menggelar mudik Natal gratis 2019 menggunakan angkutan bus dengan lima tujuan berbeda.

"Program ini merupakan bentuk kebersamaan pemerintah daerah dengan masyarakat menyambut Natal 2019," kata Asisten II Setda Kalteng Nurul Edy di Palangka Raya, Selasa.

Adapun lima rute mudik Natal gratis 2019 itu, meliputi Palangka Raya-Kuala Kurun, Palangka Raya-Pangkoh, Palangka Raya-Tumbang Telaken, Palangka Raya-Kuala Kapuas serta Palangka Raya-Buntok.

Menurutnya, sesuai laporan yang pihaknya terima dari Dinas Perhubungan Kalteng, kegiatan itu merupakan yang pertama dilaksanakan oleh pemerintah provinsi. Untuk itu kedepan, diharapkan dapat terus berlanjut dan ditingkatkan.

"Kami berupaya agar mudik gratis ini bisa terus berlanjut, serta dilaksanakan pada setiap HBKN, baik Natal, Idul Fitri dan lainnya," tuturnya kepada ANTARA.

Sementara itu Kepala Dinas Perhubungan Kalteng Ati Mulyati menjelaskan, pemilihan lima rute itu sengaja dilakukan karena memprioritaskan kawasan perdesaan yang minim menjadi tujuan dari angkutan bus swasta.

Selain itu untuk rute dengan tujuan daerah di kawasan Kotawaringin Timur, Kotawaringin Barat dan sekitarnya juga telah cukup banyak tersedia pada penyedia jasa angkutan bus swasta.

"Kami tidak ingin program yang dilaksanakan berbenturan dengan usaha yang dijalankan pihak swasta. Adanya program ini seharusnya bisa mendukung pelaksanaan mudik pada periode Natal dan tahun baru 2020, menjadi semakin lancar," ungkapnya.

Adapun kuota mudik Natal gratis 2019 yang disediakan pemprov sebanyak 135 kursi. Kuota itu disediakan bebas bagi siapa pun yang lebih dulu mendaftarkan dirinya dan sengaja tidak ada pemberlakuan persyaratan khusus, sebab tujuan program itu adalah untuk berbagi suka cita Natal kepada semua kalangan.

"Kuota itu merupakan total keseluruhan dan hanya untuk satu kali jalan. Semoga tahun mendatang bisa mencukupi untuk berangkat dan kembali lagi ke Palangka Raya," ungkapnya.

Pewarta :
Uploader : Admin 4
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar