KNPI Kotim fasilitasi bakal calon pemimpin daerah adu gagasan

id KNPI,Pemkab Kotim,Kotim,Kotawaringin Timur,Sampit,Endra Rosana,Pilkada,knpi kotim

KNPI Kotim fasilitasi bakal calon pemimpin daerah adu gagasan

Ketua KNPI Kotim Endra Rosana memberikan piagam penghargaan kepada salah satu narasumber yang hadir dalam diskusi Pojok Aspirasi Pemuda pada 20 Desember 2019 lalu. ANTARA/HO-KNPI Kotim

Sampit (ANTARA) - Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Kotawaringin Timur Kalimantan Tengah memfasilitasi para bakal calon bupati dan wakil bupati untuk menyampaikan ide dan gagasan mereka melalui forum diskusi yang diberi nama Pojok Aspirasi Pemuda.

"Pojok Aspirasi Pemuda hadir sebagai wadah menuangkan ide dan gagasan untuk Kotim lebih maju dan sejahtera. Kegiatan ini menghadirkan narasumber yang berbeda-beda dan tema yang berbeda sesuai kapasitas calon pemimpin Kotim," kata Ketua DPD KNPI Kotawaringin Timur Endra Rosana di Sampit, Jumat.

Pojok Aspirasi Pemuda merupakan acara diskusi yang digelar pada waktu tertentu di halaman gedung KNPI Kotawaringin Timur di Jalan Yos Sudarso Sampit. Menjelang pemilu kepala daerah 23 September 2020, narasumber yang dihadirkan adalah bakal calon bupati dan wakil bupati.

Panitia mengundang bakal calon bupati dan wakil bupati yang telah mendaftar dalam penjaringan yang dilakukan sejumlah partai politik. Pembicara utama atau 'keynote speaker' yang dipilih juga bukan orang sembarangan karena mereka yang dipilih adalah tokoh-tokoh yang kapasitasnya sudah tidak diragukan lagi untuk mengulas gagasan-gagasan yang disampaikan para bakal calon.

Seperti saat diskusi Pojok Aspirasi Pemuda pada 20 Desember 2019 lalu, panitia mengundang empat bakal calon bupati yaitu Halikinnor, Zam'an, Muhammad Rudini dan Aswin Nur. Dipercaya sebagai 'keynote speaker' adalah HM Wahyudi K Anwar yang merupakan Bupati Kotawaringin Timur periode 2000-2005 dan 2005-2010.

Acara berlangsung sukses dan disambut antusias narasumber dan warga yang hadir. Acara ini dinilai positif karena dapat menjadi ajang adu ide dan gagasan para calon pemimpin, sekaligus diskusi dua arah yang diharapkan memberikan pencerahan kepada masyarakat dalam menentukan pilihan terbaik saat pemungutan suara nanti. 

Pejabat pemerintah juga diundang dalam kegiatan tersebut. Artinya, kegiatan ini juga bisa menjadi masukan bagi pemerintah untuk perbaikan dan peningkatan pembangunan.

Baca juga: Ini curhat Kepala Disdukcapil Kotim di hadapan DPRD

Berkaca kesuksesan acara sebelumnya, KNPI Kotawaringin Timur berencana kembali menggelar diskusi Pojok Aspirasi Pemuda pada Minggu (12/1) malam nanti. Kegiatan tetap digelar di lokasi yang sama yakni di Kedai Kreatif Pemuda di halaman gedung KNPI Kotawaringin Timur.

Empat narasumber yang diundang hadir adalah bakal calon bupati yakni Ahmad Sarwo Oboy, Muhammad Arsyad, Yoyo Sugeng dan HM Jhon Krisli. Dipercaya sebagai 'keynote speaker' adalah HM Amrullah Hadi, Wakil Bupati Kotawaringin Timur periode 2005-2010 yang saat ini menjadi Ketua Majelis Ulama Indonesia Kotawaringin Timur.

Endra mengundang masyarakat untuk hadir menyaksikan dan berpartisipasi aktif dalam kegiatan tersebut. Pojok Aspirasi Pemuda menjadi wadah yang bagus untuk pembelajaran bagi semua pihak untuk mengenal lebih jauh para bakal calon pemimpin sehingga nantinya bisa menentukan pilihan terbaik saat pemungutan suara.

"Kami berharap kegiatan nanti bisa lebih meriah dari sebelumnya karena semua menyambut antusias kegiatan ini. Kami berterima kasih atas dukungan semua pihak sehingga acara ini berjalan dengan baik dan lancar," demikian Endra.

Baca juga: Nama Kepala BKD Kotim dicatut minta uang pengangkatan CPNS

Baca juga: DPRD Kotim apresiasi kesiapan penanggulangan bencana