Legislator Kalteng ingatkan pemda harus serius urus sektor pertanian

id kalimantan tengah,kalteng,DPRD Kalimantan Tengah,DPRD Kalteng,Anggota Komisi IV DPRD Kalteng,Siswandi

Legislator Kalteng ingatkan pemda harus serius urus sektor pertanian

Anggota DPRD Kalteng Siswandi. (ANTARA/HO-Sekretariat DPRD Kalteng)

Palangka Raya (ANTARA) - Legislator Kalimantan Tengah Siswandi mengingatkan sekaligus meminta pemerintah provinsi dan seluruh kabupaten/kota di wilayah setempat, agar lebih serius memberikan perhatian serta mengurus sektor pertanian.

Permintaan itu merupakan tindaklanjut dari aspirasi banyak petani yang disampaikan kepada Tim reses daerah pemilihan IV DPRD Kalteng beberapa waktu lalu, kata Siswandi di Palangka Raya, Jumat.

"Banyak sebetulnya hal yang berhubungan dengan sektor pertanian yang disampaikan. Tapi pada intinya semua itu bersangkutan dengan kemudahan dalam menjalankan aktivitas pertanian," tambahnya.

Dikatakan, salah satu yang cukup menjadi perhatian yakni keberadaan infrastruktur pendukung ke lokasi sentral pertanian. Sebab, hampir di seluruh Provinsi Kalteng, khususnya di dapil IV meliputi Kabupaten Barito Selatan, Barito Timur, Barito Utara, dan Murung Raya, infrastruktur pendukungnya masih sangat minim.

Politikus Partai Demokrat ini menyebutkan, kemantapan jalan ini tentunya akan mempermudah petani di sana menjual hasil pertaniannya ke sejumlah wilayah di kabupaten setempat.

Baca juga: DPRD Kalteng bertekad raperda penanggulangan karhutla kembali dibahas

"Jika infrastruktur yang memadai, tentu akan membuat pertani juga kesulitan menjalankan roda perekonomiannya. Ya, kemantapan jalan memang perlu karena berkaitan dengan biaya angkut," kata Siswandi.

Anggota Komisi IV DPRD Kalteng itu menambahkan bahwa larangan membakar lahan juga harus diperhatikan pemerintah. Sebab, aturan itu cukup berdampak terhadap aktivitas pertanian di provinsi berjuluk Bumi Tambun Bungai-Bumi Pancasila itu.

Dia mengatakan Pemerintah harus mencarikan solusi agar pengembangan pertanian pada empat kabupaten di wilayah Barito terus meningkat. 
Terkait hal itu, masyarakat meminta pemprov bersama pemkab setempat memberikan dukungan pengembangan pertanian secara modern dengan cara mengoptimalkan penyaluran bantuan alat dan mesin pertanian (Alsintan).

"Tentunya dengan pengembangan pertanian modern dapat meminimalisir pembukaan lahan pertanian dengan cara membakar.
 Itu sebagian aspirasi yang kami terima, dan tentunya menjadi perjuangan kami di DPRD Kalteng," demikian Siswandi.

Baca juga: Legislator Kalteng ajak semua pihak gotong royong atasi banjir

Baca juga: Legislator Kalteng minta Pemprov bantu perbaiki jalan antar desa

Pewarta :
Uploader : Admin 3
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar