Polisi dikerahkan bantu penghijauan Kapuas

id Polisi dikerahkan bantu penghijauan Kapuas,Polres Kapuas,Penanaman pohon

Polisi dikerahkan bantu penghijauan Kapuas

Kapolres Kapuas AKBP Esa Estu Utama saat menanam bibit pohon penghijauan di area Mapolres Kapuas, Jum’at (10/1/2020). ANTARA/All Ikhwan

Kuala Kapuas (ANTARA) - Kepolisian Resor Kapuas Kalimantan Tengah mengerahkan jajarannya untuk membantu penghijauan daerah itu yang dimulai menanam pohon di lingkungan markas masing-masing.

“Penanaman pohon penghijauan ini kita lakukan serentak termasuk polsek polsek jajaran, dalam rangka Polri peduli penghijauan guna mendukung kepedulian program penghijauan,” kata Kepala Bagian Sumber Daya (Kabag Sumda) Polres Kapuas, Kompol Sudirman, usai penanaman pohon, di Mapolres Kapuas.

Penanaman pohon dilaksanakan serentak Jumat (10/1). Sebanyak 700 bibit pohon ditanam serentak di sekitar Mako Polres, asrama Polres Kapuas, serta seluruh Polsek.

Dijelaskannya, kegiatan ini merupakan program yang dicanangkan Kapolri Jenderal Idham Azis yaitu Polri peduli penghijauan lingkungan. Program ini diselenggarakan serentak di seluruh Indonesia, mulai dari Markas Besar, Kepolisian Daerah, Polres dan Polsek jajaran.

Sudirman mengatakan, bahwa Polres Kapuas melakukan penanaman bibit pohon penghijauan sebanyak 700 bibit pohon, yang terbagi dari 600 bibit pohon untuk 12 polsek setempat dan 100 pohon di tanam di sekitar area Markas Polres dan asrama Polres Kapuas.

Jenis pohon yang ditanam yakni, seperti bibit pohon mangga, jambu, rambutan dan bibit pohon penghijauan lainnya guna penghijauan di lingkungan Polres Kapuas dan Polsek jajaran.

“Dengan harapan ke depan pohon-pohon yang ditanam tersebut dapat bermanfaat, seperti mencegah berbagai bencana alam, seperti banjir, tanah longsor serta mengurangi polusi,” katanya.

Kegiatan penanaman pohon ini juga, tambah Sudirman, sebagai contoh bagi masyarakat untuk mencintai lingkungan sekitar dan juga peduli terhadap lingkungan.

Kegiatan diawali dengan upacara penyerahan secara simbolis bibit pohon penghijauan oleh Kapolres Kapuas AKBP Esa Estu Utama kepada salah satu anggota Polres Kapuas.

Penanaman pohon tersebut dilakukan secara bersama-sama sama seluruh personel Polres Kapuas dan serentak termasuk Polsek-Polsek jajaran, guna mendukung kepedulian program penghijauan di daerah setempat

Dalam kegiatan tersebut juga, diawali penanaman bibit pohon mangga dilakukan oleh Kapolres Kapuas AKBP Esa Estu Utama, diikuti seluruh jajaran perwira Polres Kapuas serta Bhayangkari Kapuas, di lingkungan area Mapolres Kapuas.