DPRD Palangka Raya ajak warga sukseskan Sensus Penduduk

id ketua dprd palangka raya,sigit k yunianto,sensus penduduk,2020

DPRD Palangka Raya ajak warga sukseskan Sensus Penduduk

Ketua DPRD Kota Palangka Raya, Sigit K Yunianto (ANTARA/Rendhik Andika)

Palangka Raya (ANTARA) - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Palangka Raya Sigit K. Yunianto mengajak warga setempat turut menyukseskan program Sensus Penduduk 2020.

"Saya mengajak seluruh elemen masyarakat, baik pegawai negeri maupun swasta, agar ikut menyukseskan pelaksanaan Sensus Penduduk 2020 ini," kata dia di Palangka Raya, Rabu.

Politikus PDI Perjuangan itu juga meminta masyarakat di Ibu Kota Provinsi Kalimantan Tengah tersebut memastikan diri dan keluarganya telah tercatat datanya secara lengkap pada pelaksanaan Sensus Penduduk tahun ini.

Hingga 31 Maret 2020, Sigit juga mengajak warga "Kota Cantik" (sebutan Kota Palangka Raya) dapat mengisi data sensus penduduk melalui secara daring (daring) dengan mengakses sensus.bps.go.id dan menyiapkan Nomor Induk Kependudukan dan Nomor Kartu Keluarga.

Ia mengatakan sensus penduduk yang pertama kali menggunakan sistem daring oleh BPS itu, merupakan terobosan yang tepat.

Selain melibatkan partisipasi masyarakat, kata dia, sistem itu juga untuk mendapatkan data kependudukan secara cepat sesuai dengan perkembangan zaman.

Dikutip dari laman resmi BPS, digunakannya data administrasi kependudukan dari Ditjen Dukcapil dalam sensus sebagai upaya mewujudkan satu data kependudukan Indonesia.

Sensus dilaksanakan dalam tiga tahap pengumpulan data, yakni Sensus Penduduk Daring (SP Online) dilaksanakan pada 15 Februari-31 Maret 2020, Sensus Penduduk Wawancara (SP Wawancara) dilaksanakan pada 1-31 Juli 2020, dan Pencacahan Sampel pada Juli 2021.

Untuk itu, Sigit yang tiga kali menjabat sebagai Ketua DPRD "Kota Cantik" itu, mengajak masyarakat secara aktif dan jujur mengisi setiap isian pada sensus penduduk di tahun ini.

"Sekali lagi saya mengajak masyarakat berpartisipasi aktif dalam sensus penduduk tahun ini karena data kependudukan yang dihasilkan sebagai data dasar untuk membuat perencanaan di berbagai sektor pembangunan," katanya.

Pewarta :
Uploader : Admin 1
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar