403 Babinsa ditugaskan mewujudkan desa mandiri di Kalteng

id Korem 102 panju panjung, saiful rizal, kalteng, kalimantan tengah, babinsa, kearifan lokal, desa mandiri, stunting, karhutla, kebakaran hutan dan laha

403 Babinsa ditugaskan mewujudkan desa mandiri di Kalteng

Komandan Korem 102 Panju Panjung Kolonel Arm Saiful Rizal. (ANTARA/Muhammad Arif Hidayat)

Palangka Raya (ANTARA) - Komandan Korem 102 Panju Panjung Kolonel Arm Saiful Rizal mengatakan, pihaknya mendapatkan tambahan Bintara Pembina Desa atau Babinsa sebanyak 403 orang yang akan ditempatkan di seluruh penjuru Provinsi Kalimantan Tengah.

"Sebelum bertugas, mereka kami beri pembekalan yang nantinya salah satu tugasnya, yakni membantu mewujudkan desa mandiri," katanya di Palangka Raya, Selasa.

Pembekalan yang telah dilaksanakan selama delapan hari tersebut, bertujuan agar Babinsa benar-benar siap ditugaskan dan berinteraksi dengan masyarakat. 403 prajurit itu, dibekali tentang cara melakukan pendampingan untuk mengawal pembangunan.

Saiful menjelaskan, harus diakui bahwa di Kalteng masih belum sepenuhnya menyelesaikan tugas pembangunan menyejahterakan masyarakat secara keseluruhan. Masih ada ditemui daerah tertinggal, berkembang, maju dan mandiri.

"Tujuan utamanya adalah mendorong desa menjadi benar-benar mandiri. Disinilah kami berikan mereka bekal, agar bisa berdiskusi bersama pemerintah desa dan masyarakat dalam menyusun rencana pembangunan," katanya.

Selain itu para Babinsa juga diberikan pembekalan tentang kearifan lokal mengenai filosofi Huma Betang. Tujuannya, agar saat mereka bertugas mampu beradaptasi dengan baik sehingga bersama-sama masyarakat melaksanakan pembangunan.

Saiful menuturkan, selanjutnya Babinsa diberikan pemahaman tentang stunting atau gagal tumbuh yang saat ini menjadi salah satu prioritas pemerintah daerah untuk bisa segera dientaskan.

"Mereka kami berikan pembekalan singkat, agar mampu melakukan pendampingan kepada masyarakat guna memastikan setiap bayi yang lahir terkawal dengan baik kebutuhan gizinya," katanya menegaskan.

Kemudian hal lain yang tak kalah penting, sesuai arahan Presiden RI Joko Widodo, prajurit-prajurit tersebut juga akan membantu masyarakat melakukan pencegahan kebakaran hutan dan lahan (karhutla). Hingga pada akhirnya bencana yang pernah terjadi saat musim kemarau itu, bisa dicegah dan diantisipasi.

Pada pembekalan tersebut, pihaknya juga meminta Gubernur Kalteng Sugianto Sabran untuk memberikan motivasi kepada Babinsa, sehingga menjadi lebih bersemangat dalam menjalankan tugas dan kewajibannya.