Kades di Bartim dituntut kompetitif kembangkan sektor pertanian

id kalimantan tengah,kalteng,kabupaten barito timur,bartim,bupati bartim,daerah penyangga IKN,Ibu Kota Baru Indonesia,Panajam,Paser Utara

Kades di Bartim dituntut kompetitif kembangkan sektor pertanian

Bupati Bartim Ampera AY Mebas memberikan arahan dan pandangan terhadap potensi Bartim sebagai penyangga IKN baru saat musrenbang tingkat kecamatan di aula Kecamatan Dusun Timur di Tamiang Layang, Kamis (27/2/2020). ANTARA/Habibullah

Tamiang Layang (ANTARA) - Bupati Barito Timur, Kalimantan Tengah, Ampera AY Mebas menuntut kinerja seluruh kepala desa yang ada di kabupaten setempat, agar lebih kompetitif atau bersaing dalam mengembangkan sektor pertanian di sebagai upaya mewujudkan Bartim sebagai penyangga pangan ibu kota negara.

"Kami menargetkan Bartim mampu menjadi salah satu daerah penyangga kebutuhan pangan untuk IKN yang baru di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur. Jadi, perlu kompetitif baik antar kades agar mampu berkompetisi dengan daerah lainnya," kata Ampera di Tamiang Layang, kemarin.

Menurutnya, Kabupaten Bartim merupakan salah satu kabupaten yang sangat strategis dengan IKN baru, baik dilihat dari jalur transportasi darat yang bisa ditempuh dengan waktu paling lama enam jam.

Selain itu, pengembangan pertanian seperti gabah, padi, buah-buahan, sayur-sayuran telur ayam dan itik sangat potensial jika dikembangkan dengan maksimal, karena di dukung tanah subur dan lahan yang masih tersedia sehingga bisa dimanfaatkan.

Baca juga: Pengembangan ternak ayam petelur di Bartim memuaskan

"Sulawesi juga menyatakan mampu menjadi penyangga pangan IKN baru. Untuk itu, mari kita semua dan termasuk para kepala desa agar mempersiapkan diri untuk bersaing mengambil peluang," kata Ampera.

Ampera menambahkan, keselarasan sebagai penyangga IKN baru terlihat dari visi-misi Kabupaten Bartim 2018-2023 yakni mewujudkan Bartim sehat, cerdas dan sejahtera melalui pemerintahan yang amanah dan mengedepankan pembangunan berdasarkan ekonomi kerakyatan.

Kabupaten Bartim sebagai penyangka IKN baru juga mendapat dukungan dari Gubernur Kalteng H Sugiatio Sabran, bahkan hal tersebut telah disampaikan kepada anggota DPR RI dan ke kementerian di Jakarta.

"Dalam mencapai pembangunan yang menujang sektor pertainian juga selalu saya sampaikan baik kepada anggota DPRD Kateng daerah pemilihan empat dan anggota DPR RI dapil Kalteng, agar bisa mendukung pembangunan di Bartim," demikian Ampera.

Baca juga: Pemkab Bartim diminta fokus tingkatkan PAD

Baca juga: Perceraian di Bartim didominasi gugatan istri

Baca juga: Merasa tidak berkeadilan, Hussain Shahz Diman resmi banding

Pewarta :
Uploader : Admin 3
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar