Pemkab Pulang Pisau perkuat SDDKN ke Kemensetneg RI

id kalimantan tengah,kalteng,kabupaten pulang pisau,pulang pisau,bupati pulang pisau,edy pratowo

Pemkab Pulang Pisau perkuat SDDKN ke Kemensetneg RI

Bupati Pulang Pisau Edy Pratowo (kiri) menjadi pembicara dalam rapat sosialisasi SDDKN, Rabu (4/3/2020). (Foto ANTARA/HO-Bagian Protokol Setda Pulang Pisau)

Pulang Pisau (ANTARA) - Bupati Pulang Pisau, Kalimantan Tengah, Edy Pratowo mengungkapkan bahwa pemerintah setempat melakukan kerja sama dengan  Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) Republik Indonesia dalam Sistem Database Dukungan Kebijakan Nasional (SDDKN).

"SKDDKN merupakan instrumen penting dalam memberikan masukan bagi arah kebijakan pembangunan yang salah satu acuan analisa dalam proses pengambilan keputusan dan perumusan kebijakan, kata Edy di Pulang Pisau, Rabu.

Dikatakan, data dan informasi yang berkualitas serta terkini dalam SDDKN menggambarkan kondisi pembangunan di lapangan, sehingga perannya sangat penting memberikan dukungan teknis kepada pimpinan menjalankan roda pemerintahan yang baik atau good government.

Dia mengatakan kerjasama  SDDKN dilaksanakan dalam satu kesatuan antara pusat dengan provinsi bersama kabupaten/kota, yang datanya menjadi sumber pasokan data bagi kebijakan nasional dan daerah.

Dalam SDDKN, terdiri struktur data penting yang mencakup delapan kelompok utama yakni data umum ekonomi dan keuangan, infrastruktur, politik, hukum dan keamanan, industri, perdagangan, lembaga keuangan, koperasi, usaha dan investasi sumber daya alam; sosial budaya dan insidensial.

Baca juga: Ratusan hektare lahan pertanian dan perkebunan di Pulpis terendam banjir

Baca juga: Seluruh SOPD Pulang Pisau miliki relawan antinarkoba


"Data tersebut diolah dan diproses di dalam aplikasi dan dijadikan bahan kepala daerah dalam pengambilan keputusan khususnya dalam pemerataan pembangunan di Kabupaten Pulang Pisau," kata Edy.

Sementara itu, Ketua Penyelenggara Sosialisasi SDDKN Sakinah Sungkar mengatakan bahwa sosialisasi yang diikuti Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan instansi vertikal teknis ini bertujuan menyediakan data dan informasi pembangunan nasional yang berkualitas bagi para pimpinan nasional dan daerah dalam mendukung proses pengambilan keputusan secara tepat, cepat, dan akurat. 

Selain itu, mempercepat pencapaian integrasi database nasional menuju single national database sekaligus meningkatkan penyediaan data dan informasi sebagai bahan untuk membantu pimpinan pusat dan daerah, dalam proses pengambilan keputusan dan perumusan kebijakan pembangunan nasional.

"Selanjutnya dapat meningkatkan pelayanan prima kepada presiden sebagai bentuk reformasi birokrasi," kata Sakinah.

Narasumber yang menjadi pembicara dalam sosialisasi ini, terang Sakinah adalah Bupati pulang pisau, biro informasi dan teknologi Kemensetneg RI, Biro Administrasi Pembangunan Sekretariat Daerah (Setda) Provinsi Kalimantan Tengah, dan Kabag Administrasi Pembangunan Setda Kabupaten Pulang Pisau.

Baca juga: Bupati Edy Pratowo minta persoalan karhutla jangan tumbalkan masyarakat

Baca juga: Edy Pratowo temui Menteri Perhubungan RI terkait usulan pengerukan muara DAS Kahayan

Pewarta :
Uploader : Admin 3
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar