Nadalsyah harapkan prestasi qori-qoriah mendunia

id bupati barut nadalsyah,mtq tingkat kabupaten,barito utara,wfc

Nadalsyah harapkan prestasi qori-qoriah mendunia

Bupati Barito Utara H Nadalsyah didampingi Ketua LPTQ Muhlis dan Ketua Panitia MTQ H Elpi Epanop saat memukul bedug tanda dimulainya MTQ ke-51 tingkat kabupaten setempat di Muara Teweh, Rabu (4/3/2020) malam.ANTARA/HO-Dinas Kominfosadni Barut

Muara Teweh (ANTARA) - Bupati Barito Utara H Nadalsyah mengharapkan prestasi qori-qoriah dari daerah setempat mampu berprestasi sampai ke tingkat internasional. 

"Harapan kedepannya agar prestasi Kabupaten Barito Utara dapat mendunia sampai tingkat internasional," kata Nadalsyah saat membuat secara resmi Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-51 tingkat kabupaten setempat  2020 dengan ditandai pemukulan bedug  kawasan di Water Front City (WFC) Muara Teweh, Rabu malam.

Pembukaan MTQ tersebut dihadiri oleh, Wakil Ketua DPRD Provinsi Kalteng H Jimmy Carter, pimpinan dan anggota DPRD Barito Utara, Sekda, unsur FKPD, kepala perangkat daerah, dan ratusan masyarakat serta rombongan kafilah dari sembilan kecamatan yang akan berkompetisi.

Bupati  Nadalsyah dalam sambutannya mengatakan sesuai dengan tema yang diusung "MTQ mempererat ukuwah, menyiapkan generasi millenial berkualitas dan bermartabat demi terwujudnya bangsa yang kuat," Bupati berharap akan lahir generasi Qurani yang mampu menerjemahkan Islam sebagai rahmat bagi alam semesta secara kaffah.

"Melalui penyelenggaraan MTQ  ini kita selalu berikhtiar agar Al quran senantiasa dipelajari, dipahami dan diamalkan, hubungan silaturahim terjalin semakin akrab dan terjaga, baik antar sesama muslim maupun dengan non muslim," kata  Nadalsyah.

Kepada para kafilah, Bupati menyampaikan ucapan selamat mengikuti MTQ. "Selamat bermusabaqah, fastabiqul khoirot, berlomba-lomba dalam kebaikan termasuk berlomba-lomba untuk menjadi yang terbaik dalam MTQ ini," ucapnya.

Pada kesempatan itu juga Nadalsyah menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh pihak yang telah berusaha dalam mensukseskan pelaksanaan MTQ. 

Sementara Ketua panitia  H Elpi Epanop juga mengucapkan selamat datang kepada seluruh kafilah MTQ ke-51 tingkat kabupaten, serta mengajak kepada seluruh warga masyarakat Barito Utara untuk bersama–sama mensukseskan gelaran MTQ.

Pelaksanaan MTQ ke-51 diharapkan dapat melahirkan generasi Qurani, yakni generasi yang cinta Al Quran dengan memiliki keimanan dan ketakwaan yang kukuh serta akan lahir qari dan qariah yang andal, serta dapat mengharumkan nama Kabupaten Barito Utara di tingkat provinsi hingga internasional.

"MTQ ke-51 ini diikuti sembilan kecamatan di Barito Utara dengan jumlah kafilah sebanyak 569 orang," kata Elpi Epanop yang juga Inspektur Barito Utara ini.

Kegiatan MTQ berlangsung meriah karena dihadiri oleh H Dasrizal M. Nainin, juara 1 MTQ Internasional 2013 di Kuala Lumpur, Malaysia dan selaku Dosen UIN Syarif Hidayatullah Jakarta yang melantunkan ayat suci Al Quran.

Dan juga dihadiri Ustad Kyai H Rif'at Aby Syahid pengasuh Pondok Pesantren Al-Falah Cicalengka Jawa Barat yang merupakan juri Semesta Bertilawah MNCTV dan Qori Indonesia RTV.