Orang tua di Seruyan wajib mengajarkan anak budaya membaca sejak dini

id Dprd seruyan, seruyan, kuala pembuang, literasi, membaca, pengetahuan

Orang tua di Seruyan wajib mengajarkan anak budaya membaca sejak dini

Anggota DPRD Seruyan Masfuatun (baju biru) saat reses di Desa Sungai Bakau, baru-baru ini. (ANTARA/Radianor)

Kuala Pembuang (ANTARA) - Anggota DPRD Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah Masfuatun, mengajak para orang tua proaktif membimbing dan mengajari anaknya membaca sejak usia dini.

“Mengajarkan dan membimbing anak di usia dini untuk membudayakan literasi sangatlah penting sebagai bekal mereka di masa mendatang,” kata Masfuatun di Kuala Pembuang, Kamis.

Menurutnya, banyak manfaat yang bisa didapat dari literasi,  karenanya dukung dan bimbing anak-anak agar bisa membudayakan literasi. Tidak hanya di sekolah, namun juga di rumah, agar mereka pandai membaca, menulis dan berbicara.

Lebih lanjut Masfuatun menjelaskan, mengajarkan budaya literasi terhadap anak sejak usia dini sangat penting, baik bagi diri anak sendiri maupun lingkungan. Karena, apabila anak sudah bisa membaca, maka tidak akan sulit bagi dirinya untuk belajar. 

Bahkan dengan pandainya membaca selain membuka wawasan tentang berbagi ilmu pengetahuan, membaca juga menjadikan orang lebih kreatif dan inovatif. Hal inilah yang sangat dibutuhkan generasi penerus bangsa untuk lebih maju. 

“Kebiasaan membaca, mampu menjadikan mereka menjadi anak yang pandai dan pintar. Karena otaknya akan selalu aktif berpikir dan wawasan ilmu pengetahuannya akan terus bertambah dan semakin luas,” ungkap Masfuatun.

Politisi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) itu menambahkan, dalam menumbuhkan budaya literasi tersebut, peran dan pengaruh orang tua sangatlah penting. Sebab anak lebih banyak berada di rumah dibandingkan di sekolah. 

“Karenanya sebagai orang tua harus benar-benar memberikan contoh yang baik bagi anak," katanya menjelaskan.

Agar mereka memiliki pemahaman yang luas dan bisa menilai perbuatan baik dan tidak, serta yang terpenting adalah tujuan dari hal tersebut, supaya anak-anak di Seruyan tidak terjerumus ke berbagai hal negatif maupun pergaulan bebas.