Keterlibatan wanita dalam pembangunan cukup signifikan, kata Wabup Seruyan

id Kalimantan Tengah, Kalteng,Kabupaten Seruyan, Seruyan, Wakil Bupati Seruyan, Iswanti

Keterlibatan wanita dalam pembangunan cukup signifikan, kata Wabup Seruyan

Wakil Bupati Seruyan Iswanti saat menyampaikan sambutan kegiatan rapat kerja Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Seruyan, dan GOW Kalteng, di Aula Rapat DPRD Seruyan, Sabtu (7/3/2020). ANTARA/Radianor

Kuala Pembuang, Seruyan (ANTARA) - Wakil Bupati Seruyan, Kalimantan Tengah Iswanti mengharapkan sekaligus mengajak kepada seluruh kaum wanita yang ada di kabupaten setempat, agar tetap semangat dan terus menerus terlibat aktif dalam memajukan pembangunan di wilayahnya masing-masing.

"Harapan dan ajakan ini saya sampaikan karena peran perempuan sangat signifikan," kata Wakil Bupati Iswanti di Kuala Pembuang, Senin.

Menurut dia, agar peranannya dapat berjalan lebih efektif dan bermanfaat bagi masyarakat maka dibutuhkan sinergitas yang baik antara organisasi, salah satunya dengan mewujudkan seluruh organisasi wanita itu dalam satu wadah yaitu Gabungan Organisasi Wanita (GOW).

Iswanti mengatakan GOW merupakan organisasi yang berperan dalam pengembangan perempuan dan mempunyai konsistensi dalam memperjuangkan peningkatan peran, kualitas serta wawasan kaum perempuan khususnya di kabupaten berjulukan Bumi Gawi Hantantiring ini.

Baca juga: Bupati perintahkan seluruh OPD Seruyan perjuangkan hak masyarakat

Kemudian, GOW sebagai gabungan seluruh organisasi wanita yang ada di harapkan peranannya ke depan dapat berpartisipasi memberikan pemikiran-pemikiran dalam pengembangan daerah maupun pengembangan wanita.

“GOW diharapkan dapat melahirkan serta meningkatkan seluruh potensi wanita dalam mewujudkan pembangunan nasional khususnya pembangunan di Seruyan, ” ungkap perempuan yang pernah menjadi Anggota DPRD Kalteng itu.

Sebelumnya GOW melaksanakan kegiatan rapat kerja Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Seruyan, dan GOW Kalteng bekerja sama dengan BKOW Kalteng. Kegiatan ini juga diharapkan bisa meningkatkan kemampuan kaum perempuan yang bermuara pada peran sertanya turut membangun daerah.

Baca juga: DPRD ingin PPKS di Seruyan ditangani maksimal

Kegiatan tersebut juga agar dapat menambah pengetahuan tentang manajemen organisasi. Menyelaraskan program kerja GOW se Kalteng dengan Badan Kerjasama Organisasi Wanita  (BKOW) Kalteng serta sebagai wadah perempuan menjalin tali silaturahmi.

"Saya harap kegiatan ini dapat menjadi refleksi dan evaluasi kinerja agar ke depan, GOW di kabupaten masing-masing dapat menjalankan peran dan fungsinya secara maksimal," harapnya.

Iswanti yang juga sebagai Ketua GOW Seruyan menambahkan, GOW harus tetap eksis. Karenanya pemantapan organisasi dalam memperkenalkan identitas diri. Harus terus dilakukan dan dipertegas, tanpa harus melupakan kodratnya sebagai wanita.

Baca juga: Orang tua di Seruyan wajib mengajarkan anak budaya membaca sejak dini

Baca juga: Tangani masalah kesejahteraan sosial perlu keterlibatan semua pihak