Tangani masalah kesejahteraan sosial perlu keterlibatan semua pihak

id Kalimantan Tengah,Kalteng,Kabupaten Seruyan,Seruyan,Sekda Seruyan,Djainuddin Noor

Tangani masalah kesejahteraan sosial perlu keterlibatan semua pihak

Sekretaris Daerah Seruyan Djainuddin Noor (depan) menyampaikan sambutan Bupati dalam rangka sosialisasi Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) di Gedung Serbaguna, Kamis. (5/3/2020). ANTARA/Radianor.

Kuala Pembuang, Seruyan (ANTARA) - Sekretaris Daerah Seruyan, Kalimantan Tengah Djainuddin Noor mengharapkan sekaligus mengajak seluruh lapisan masyarakat di kabupaten setempat, agar terlibat aktif menangani permasalahan kesejahteraan sosial.

Ajakan itu disampaikan Djainuddin saat mewakili Bupati Seruyan membuka sosialisasi Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) di Gedung Serbaguna Kuala Pembuang, Kamis.

"Partisipasi pemda dan publik sangat penting karena kami percaya penanganan masalah sosial akan lebih baik jika dilakukan bersama-sama," tambahnya.

Menurutnya, permasalahan PMKS atau Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) di kabupaten yang berjulukan Bumi Gawi Hantantiring, sekarang ini masih belum tertangani secara komprehensif, hal ini disebabkan masih rendahnya penanganan dan belum terpenuhinya kebutuhan dasar manusia. 

Khususnya bagi mereka yang memiliki keterbatasan kemampuan untuk mengakses berbagai sumber pelayanan sosial dasar, kerawanan, sosial ekonomi, ketunasusilaan, keterlantaran, kecacatan, penyimpangan perilaku, keterpencilan, eksploitasi, dan diskriminasi sosial warga masyarakat.

"Saya minta kepada semua kepala desa dan lurah untuk menindaklanjuti surat saya beberapa waktu yang lalu perihal verifikasi dan validasi pemutakhiran data BDT/DTKS, yang paling penting segera mengangkat Pekerja Sosial Masyarakat (PSM) di desa atau kelurahan masing-masing," kata Djainuddin.

Baca juga: Mutasi pejabat sebagai upaya Pemkab Seruyan optimalkan kinerja perangkat daerah

Sekda Seruyan itu pun menyebut tujuan pengangkatan PSM tersebut agar memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada warga masyarakat untuk berperan dalam melaksanakan penyelenggaraan kesejahteraan sosial dan meningkatkan kepedulian warga masyarakat dalam menangani masalah sosial.

Dia mengatakan pengelolaan data di desa atau kelurahan. Jika data yang kita miliki sudah valid akan berdampak pada penyaluran bantuan tepat sasaran dan mendukung percepatan pengentasan kemiskinan serta sebagai upaya langkah untuk meminimalisir komplain dari masyarakat.

"Penanganan kesejahteraan sosial selain dari pemerintah juga sangat diperlukan sekali peran dari masyarakat untuk ikut serta terlibat dalam penanganan tersebut," demikian Djainuddin.

Baca juga: DPRD ingatkan pemanfaatan beasiswa agar tidak menyimpang

Baca juga: Legislator Seruyan berharap budidaya ikan Balida berkelanjutan

Baca juga: Bupati pimpin pengukuhan pengurus sementara Karang Taruna Seruyan