BKSDA terima seekor anak burung Tingang dari warga Jambu

id burung kangkareng hitam,tingang,cagar alam pararawen,bksda kalteng,warga jambu

BKSDA terima seekor anak burung Tingang dari warga Jambu

Kepala Resort KPHK Cagar Alam Pararawen Udjet Syaipullah (kiri) menerima seekor anak burung Kangkareng Hitam spesies Enggang atau Tingang dari warga Manggala Kelurahan Jambu Kecamatan Teweh Baru, Kamis (12/3/2020).ANTARA/HO-KPHK Cagar Alam Pararawen

Muara Teweh (ANTARA) - Balai Konservasi Sumber Daya Alam Kalimantan Tengah Seksi Konservasi Wilayah III Muara Teweh Kabupaten Barito Utara, menerima seekor anak burung Kangkareng Hitam spesies Enggang atau Tingang dan juga disebut Rangkong dari warga Manggala Kelurahan Jambu Kecamatan Teweh Baru.

"Kami sangat mengapresiasi tingkat kesadaran masyarakat di Barito Utara ini sangat tinggi dan bersedia menyerahkan satwa langka yang dilindungi oleh Undang-Undang," kata Kepala Resort Kesatuan Pengelolaan Hutan Konservasi (KPHK) Cagar Alam Pararawen, Udjet Syaipullah di Muara Teweh, Jumat.

Burung Kangkareng adalah spesies burung dari keluarga Rangkong Bucerotidae itu didapat warga di sekitar hutan setempat dan terlihat masih jinak karena dipelihara dengan usia diperkirakan baru sekitar 3-4 bulan, sehingga terbang belum terlalu tinggi.   
 
Seekor anak burung Kangkareng Hitam spesies Enggang atau Tingang yang diserahkan warga Manggala Kelurahan Jambu Kecamatan Teweh Baru kepada KPKH Cagar Alam Pararawen, Kamis (12/3/2020).ANTARA/HO-KPHK Cagar Alam Pararawen

Bagi masyarakat di Kalteng burung ini dikenal dengan nama Tingang yang bulunya digunakan untuk hiasan baju dan topi untuk kesenian daerah suku Dayak.

Burung Tingang  pada beberapa kebudayaan kuno menjadi bagian ritual  religi  yang melambangkan  kebebasan, kesucian dan mithologi.

"Habitat burung ini di Kalteng banyak di kawasan Cagar Alam Pararawen dan Hutan Lindung Sapat Haung," kata dia.

Udjet mengatakan  untuk sementara burung ini dipelihara di kandang transit  kantor SKW III Muara Teweh.

"Rencananya pekan depan burung ini akan di bawa ke kantor BKSDA Kalteng atau di Taman Wisata Alam Bukit Tangkiling Palangka Raya," ujarnya.