Dinkes Gumas siapkan posko siaga untuk layanan terkait virus corona

id Dinkes Gumas,virus corona,Dinkes Gumas siapkan posko siaga untuk layanan terkait virus corona,gunung mas

Dinkes Gumas siapkan posko siaga untuk layanan terkait virus corona

Kepala Dinkes Kabupaten Gumas Maria Efianti. (ANTARA/Chandra)

Kuala Kurun (ANTARA) - Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah mengatakan bahwa di kabupaten itu telah terbentuk Posko Siaga, untuk memberi pelayanan kepada masyarakat terkait virus corona.

“Posko siaga berada di kantor Dinkes Kabupaten Gumas. Kami juga menyiapkan call center yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat yakni 0821-5394-3234 dan 0821-5394-3235,” ucap Maria, di Kuala Kurun, Kamis.

Dia menyebut, petugas siap satu x 24 jam di posko siaga serta dapat dihubungi melalui call center. Artinya, masyarakat dapat menghubungi call center jika ingin berkonsultasi terkait kesehatan diri, serta menyampaikan berbagai hal terkait virus corona.

Baca juga: Pasien positif COVID-19 di Indonesia bertambah jadi 309 orang

Disamping itu, Dinkes dan Rumah Sakit Umum Daerah Kuala Kurun juga telah menyiapkan ambulans untuk menjemput atau merujuk masyarakat Kabupaten Gumas ke RS Dorys Silvanus Palangka Raya yang merupakan RS rujukan.

“Untuk desinfeksi sejauh ini sudah dilakukan di beberapa tempat. Sebenarnya, desinfeksi untuk permukaan rata bahannya ada di sekeliling kita. Jadi instansi-instansi lain dapat melakukan desinfeksi sendiri,” beber dia.

Lebih lanjut, pusat kesehatan masyarakat yang ada di kabupaten bermotto Habangkalan Penyang Karuhei Tatau terus menggencarkan sosialisasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat, untuk mencegah penyebaran virus corona.

Baca juga: Akhirnya Pemprov putuskan MTQ tingkat provinsi ditunda

Diapun meminta kepada masyarakat agar jangan panik, namun harus selalu waspada serta menerapkan pola hidup bersih dan sehat seperti mencuci tangan secara rutin dengan sabun dan air mengalir.

Lalu menjaga kesehatan dengan berolahraga secara rutin, mengkonsumsi makanan bergizi dan seimbang, istirahat yang cukup, minum air mineral minimal delapan gelas per hari, memakan makanan yang dimasak secara sempurna.

Kemudian bersama-sama menjaga kebersihan lingkungan sekitar, tempat kerja, fasilitas umum, serta tempat ibadah. Kebersinan lingkungan, lanjut dia, harus dilakukan secara rutin demi kebaikan seluruh pihak.

“Jika batuk, pilek, panas, segera berobat ke fasilitas kesehatan terdekat. Namun jika cemas masyarakat dapat menghubungi call center atau datang ke posko siaga,” demikian Maria.

Baca juga: RSUD Jaraga Sasameh Buntok sudah memiliki ruang isolasi tangani corona

Baca juga: Cek mandiri risiko terkena virus corona melalui layanan digital

Baca juga: Komisi IV DPRD sidak ke RSUD Kapuas terkait kesiapan penanganan corona

Pewarta :
Uploader : Admin Kalteng
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar