DPRD Seruyan harapkan petugas kesehatan siaga di jalur masuk dan keramaian

id Dprd seruyan, seruyan, kuala pembuang, covid 19, virus corona, pelabuhan, perbatasan, kapal

DPRD Seruyan harapkan petugas kesehatan siaga di jalur masuk dan keramaian

Pelabuhan KP III tempat bersandar kapal-kapal dari luar pulau Kalimantan di Kuala Pembuang, Kamis, (26/3/2020). (ANTARA/Radianor)

Kuala Pembuang (ANTARA) - DPRD Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah mengimbau Dinas Kesehatan setempat agar menyiagakan petugas kesehatan di tempat-tempat strategis, seperti jalur masuk maupun keramaian.

“Saya harap Dinas Kesehatan bisa menyiagakan petugas kesehatan pada jalur masuk atau keramaian untuk mencegah penyebaran virus corona (COVID-19),” kata Wakil Ketua I DPRD Seruyan Bambang Yantoko di Kuala Pembuang, Kamis.

Menurutnya, hal ini untuk menindaklanjuti adanya kebijakan dari pihak terkait, berkenaan dengan memperketat segala jalur masuk, baik di darat maupun laut yang ada di kabupaten yang bermotto Bumi Gawi Hantantiring tersebut.

Salah satu kebijakan yang perlu diperhatikan yakni mengenai pengawasan atau pemantauan kapal-kapal luar daerah yang biasa singgah di Seruyan.

Kemudian, berkenaan dengan ini hendaknya bisa dipilah dan diperhatikan lagi, salah satu hal yang bisa dilakukan yaitu menyiagakan petugas kesehatan pada sejumlah pelabuhan.

"Intinya kita harus proaktif saja, kalau memang ada kapal-kapal masuk hendaknya petugas kesehatannya juga siaga," ungkap Bambang.

Politisi Partai Golongan Karya (Golkar) itu mengatakan, kebijakan tersebut diambil, sebagai salah satu upaya mencegah adanya penyebaran COVID-19 di wilayah Seruyan dan hal tersebut memang dinilai sangat perlu serta harus dilaksanakan.

"Difokuskan saja seperti di pelabuhan atau pasar-pasar dan fasilitas umum lainnya. Hal ini juga berkaitan dengan perekonomian, intinya harus tetap siaga agar jangan sampai kecolongan dan itu harus betul-betul dipantau," tegas Bambang.

Ia menambahkan, dengan adanya upaya yang maksimal dilakukan oleh pemerintah dan didukung oleh semua pihak, termasuk masyarakat, diharapkan penyebaran virus tersebut bisa diputus dan Seruyan serta seluruh daerah lainnya bisa terbebas dari kondisi saat ini.

Pewarta :
Uploader : Admin 4
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar