Legislator Kotim ini bersama warga lakukan desinfeksi mandiri cegah COVID-19

id Legislator Kotim ini bersama warga lakukan desinfeksi mandiri cegah COVID-19,DPRD Kotim, Syahbana, Kotim, Kotawaringin Timur, Sampit, virus Corona, CO

Legislator Kotim ini bersama warga lakukan desinfeksi mandiri cegah COVID-19

Anggota DPRD Kotim Syahbana (kaos putih) bersama warga Perumahan Wengga saat melakukan desinfeksi mandiri di lingkungan tempat tinggal mereka, Minggu (29/3/2020). ANTARA/Istimewa

Sampit (ANTARA) - Anggota DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur Kalimantan Tengah Syahbana bersama warga Perumahan Wengga melakukan desinfeksi mandiri untuk mencegah muncul dan berjangkitnya virus Corona jenis COVID-19 yang saat ini sedang mewabah.

"Ini upaya kami sebagai warga untuk melakukan pencegahan dengan menyemprotkan desinfektan secara mandiri di lingkungan perumahan ini," kata Syahbana di Sampit, Minggu.

Berbekal pompa jinjing penyemprot yang biasanya digunakan petani untuk menyemprotkan cairan pembasmi hama di sawah, warga bersama-sama menyemprotkan desinfektan di lingkungan perumahan setempat.

Pandemi COVID-19 yang meluas saat ini menimbulkan kecemasan masyarakat. Penyebaran virus mematikan itu cukup cepat sehingga pencegahan harus dilakukan secara maksimal.

Kotawaringin Timur memang masih dalam kategori zona hijau COVID-19, namun kewaspadaan harus ditingkatkan. Justru, langkah pencegahan harus dioptimalkan agar virus yang awalnya mewabah di Wuhan China itu tidak sampai muncul dan berjangkit di Kotawaringin Timur.

Syahbana mengapresiasi langkah pemerintah daerah melakukan pencegahan melalui Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19. Berbagai upaya yang dilakukan diharapkan mampu menghindarkan daerah ini dari COVID-19.

Menyikapi kondisi ini, masyarakat juga diharapkan proaktif melindungi diri dan keluarga dari virus berbahaya. Selain menjalankan perilaku hidup sehat, desinfeksi atau pembasmian hama dengan penyemprotan desinfektan secara mandiri akan sangat bagus.

Baca juga: SOPD Pemkab Kotim ramai-ramai membuat bilik desinfektan

Inisiatif masyarakat diperlukan agar upaya pencegahan COVID-19 lebih maksimal. Diakui, kemampuan personel, peralatan dan anggaran pemerintah daerah cukup terbatas, sehingga partisipasi masyarakat sangat dibutuhkan.

"Mari kita berupaya membantu dengan kemampuan kita. Ini menyangkut nyawa dan keselamatan kita semua. Makanya kami mengimbau kita semua untuk peduli," ajak Syahbana.

Anggota Komisi II ini juga mengajak seluruh ketua RT selalu mengingatkan masyarakat untuk menjalankan semua anjuran pemerintah untuk mencegah muncul dan berjangkitnya COVID-19.

Salah satu anjuran yang diutamakan saat ini adalah tetap berada di rumah. Tujuannya agar tidak tertular COVID-19, sekaligus memutus mata rantai penularan virus mematikan tersebut sehingga pandemi virus ini segera berakhir.

Baca juga: Pelayanan adminduk optimalkan teknologi diapresiasi DPRD Kotim

Baca juga: Masyarakat di pelosok Kotim pun diimbau waspadai COVID-19

Pewarta :
Uploader : Admin 2
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar