Meski hasil pemeriksaan negatif, Wali Kota Palangka Raya tetap melakukan karantina diri

id Pemkot palangka raya, kota cantik, wali kota palangka raya, fairid naparin, negatif, covid 19, virus corona, orang dalam pemantauan, odp, pdp, pasien

Meski hasil pemeriksaan negatif, Wali Kota Palangka Raya tetap melakukan karantina diri

Wali Kota Palangka Raya Fairid Naparin (kanan) bersama Ketua DPRD Sigit K Yunianto (kedua kiri) didampingi tim dokter dari RSUD Doris Sylvanus usai melakukan tes swab beberapa waktu lalu. (ANTARA/Dokumentasi Pribadi)

Palangka Raya (ANTARA) - Wali Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah Fairid Naparin dinyatakan negatif sebagai orang dalam pemantauan (ODP) COVID-19, setelah dirinya melakukan pemeriksaan kesehatan menggunakan tes swab.

"Hasil tes swab saya dinyatakan negatif ODP, namun saya akan kembali melakukan tes kedua dengan pola yang sama guna memastikan hal tersebut," kata Fairid saat dihubungi dari Palangka Raya, Selasa.

Meski dinyatakan negatif menjadi ODP setelah menjalani tes swab tersebut, kepala daerah termuda se-Kalimantan Tengah itu memilih tetap mengkarantina diri selama 14 hari di rumah.

Hal itu dilakukan agar COVID-19 yang selama ini sudah melanda wilayah 'Kota Cantik' sebutan Palangka Raya, tidak menyerang pertahanan tubuhnya yang selama ini sudah ia jaga dengan membiasakan diri menerapkan pola hidup sehat.

"Walaupun sudah dinyatakan negatif ODP saya tetap karantina diri di rumah sementara ini selama 14 hari," katanya..

Lebih lanjut Fairid mengatakan, kendati dirinya menerapkan karantina diri di kediamannya selama 14 hari bukan berarti tidak bekerja sebagai kepala daerah.

Ia tetap bekerja seperti biasanya, baik itu menandatangani sejumlah berkas penting serta berbagai hal lainnya. Hanya saja dengan pola bekerja di rumah jabatan karena pandemi COVID-19 masih mewabah di Palangka Raya.

"Ya tetap bekerja seperti biasa, tetapi kerjanya di rumah karena kondisi Palagka Raya masih dalam keadaan dilanda pandemi COVID-19," kata dia.

Fairid yang juga Ketua Dewan Pimpinan Daerah Partai Golongan Karya Palangka Raya itu tidak henti-hentinya menyarankan kepada masyarakat yang dinyatakan ODP, PDP dan positif COVID-19, agar tetap percaya diri dan terus mengikuti arahan tim medis.

Karena dengan adanya keyakinan tersebut serta imun atau daya tahan tubuh yang kuat, virus tersebut tidak bisa bisa berkembang di tubuh.

"Buktinya sudah ada beberapa orang yang dinyatakan positif COVID-19 sembuh. Mari kita lawan virus tersebut agar pandemi ini tidak bertahan di daerah kita," kata Fairid.