Harga beras di Buntok alami kenaikan

id Buntok, barsel, barito selatan, beras, sembako, pangan

Harga beras di Buntok alami kenaikan

Salah seorang pedagang beras dan telur pada Plaza Beringin Buntok. (ANTARA/Bayu Ilmiawan)

Buntok (ANTARA) - Harga beras di Kota Buntok, Kabupaten Barito Selatan, Kalimantan Tengah mengalami kenaikan jika dibandingkan harga sebelumnya.

Berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun di lapangan di Buntok, Sabtu, kenaikan harga beras tersebut antara Rp20-Rp40 ribu dalam 15 per balek atau per 15 kilogramnya.

"Untuk harga beras mayang pulut yang biasanya dijual dengan harga Rp230 ribu, naik menjadi Rp 260 ribu per 15 kilogramnya," kata salah seorang pedagang di Plaza Beringin Buntok, Fahrurazikin.

Untuk beras jenis mayang super yang sebelumnya dijual Rp220 ribu menjadi Rp240 ribu per baleknya. Beras mutiara  dari Rp200 ribu menjadi Rp220 ribu dalam per baleknya.

Begitu juga dengan beras banjar kini sudah dijual dengan harga Rp200 ribu dari harga sebelumnya Rp160 ribu per baleknya, serta beras Siam dari Rp180 ribu menjadi Rp210 ribu per baleknya.

Untuk harga telur, lanjut dia, masih normal, seperti telur itik dengan harga Rp2.300 per butir, telur ayam ras Rp1.700 per butir, dan telur ayam kampung Rp2.500 per butirnya.

Ia menjelaskan, kenaikan harga beras terjadi dalam seminggu terakhir dan naiknya harga dikarenakam harga pada tingkat distributor di Banjarmasin, Kalimantan Selatan sudah mengalami kenaikan.

Pantauan ANTARA untuk harga kebutuhan pokok lainnya di Plaza Beringin Buntok masih relatif sama dan mengalami penurunan. Seperti harga gula yang sebelumnya Rp22 ribu sudah turun menjadi Rp19 ribu per kilogramnya.

"Untuk harga bawang merah kualitas baik tetap Rp39 ribu, dan bawang merah kualitas sedang Rp35 ribu per kilogramnya, sedangkan harga bawang putih turun dari Rp43 ribu menjadi Rp39 ribu per kilogramnya," jelas Nurdin salah seorang pedagang pada pasar Sayur dan Ikan (SAIK) Beringin Buntok.

Ia menjabarkan, untuk harga kemiri juga mengalami penurunan dari Rp43 ribu menjadi Rp40 ribu. Demikian halnya dengan harga kacang tanah dari Rp27 ribu naik menjadi Rp28 ribu per kilogram, kacang kupas dari Rp35 ribu menjadi Rp36 ribu.

Untuk harga kacang hijau mengalami kenaikan dari Rp20 ribu menjadi Rp25 ribu per kilogramnya dan harga belinjo Rp80 ribu per kilogramnya. Ia mengatakan, harga kebutuhan pokok ini biasanya akan mengalami kenaikkan mendekati hari raya Idul Fitri.