Antisipasi penyebaran COVID-19, pasar mingguan di Bartim resmi ditutup

id Pemkab bartim, bartim, barito timur, tamiang layang, pasar, temanggung djaya karti, penutupan sementara, pasar mingguan

Antisipasi penyebaran COVID-19, pasar mingguan di Bartim resmi ditutup

Kepala UPTD Pasar Temanggung Djaya Karti Tenny, menggunakan pengeras suara mensosialisasikan penutupan pasar mingguan kepada pengunjung dan pedagang di Pasar Temanggung Djaya Karti Tamiang Layang, Senin, (20/4/2020). (ANTARA/Habibullah)

Tamiang Layang (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Barito Timur, Kalimantan Tengah melalui Dinas Perdagangan setempat secara resmi menutup atau meniadakan aktivitas pasar mingguan yang ada di wilayah setempat sebagai antisipasi penyebaran virus corona (COVID-19).

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Perdagangan Bartim Karioto di Tamiang Layang, Senin mengatakan, aktivitas yang dihentikan yakni pasar mingguan dan pasar malam atau pasar tungging, serta pasar subuh. Penghentian tersebut tanpa batas waktu yang ditentukan atau hingga ada informasi resmi berakhirnya pandemi COVID-19.

“Kebijakan yang kami laksanakan, merujuk pada surat keputusan bupati tentang penetapan status siaga darurat bencana non alam pandemi COVID-19, yakni untuk memutus rantai penyebaran COVID-19,” jelasnya.

Menurutnya, aktivitas pasar harian masih diberlakukan dengan syarat buka sejak pukul 08.00 WIB-15.00 WIB. Pedagang maupun pembeli wajib mengikuti protokol kesehatan, menggunakan masker, menjaga jarak dengan batasan minimal satu meter per orang.

Dari data Disdag Bartim, ada 17 lokasi pasar mingguan di wilayah setempat. Surat pemberitahuan terkait penutupan pasar mingguan sudah disampaikan ke masing-masing Unit Pelaksana Tugas Dinas dan Pengelola Pasar se-Bartim dan ditindaklanjuti dengan mensosialisasikannya kepada masyarakat.

Pihaknya juga mendirikan posko skrining kesehatan untuk pedagang dan pengunjung Pasar Temangung Djaya Karti Tamiang Layang, Kecamatan Dusun Timur dan Pasar Beringin Ampah Kota, Kecamatan Dusun Tengah. Sebelumnya, Disdag Bartim juga meniadakan Pasar Ramadhan 1441 Hijriah di Pasar Temanggung Djaya Karti dan Pasar Beringin.

Salah satu warga Tamiang Layang, Riswan (33) menyambut baik penutupan aktivitas pasar mingguan di Bartim, khususnya di Pasar Temanggung Djaya Karti.

“Kami juga ada keraguan, karena para pedagang pasar mingguan pada umumnya dari luar daerah seperti Tabalong dan Hulu Sungai Utara. Semoga masalah COVID-19 ini bisa terselesaikan secepatnya,” ungkap Riswan.