Pemkab gelar pasar murah di Kelurahan Jingah

id pasar murah barito utara,sembako murah,pemkab barito utara,bupati barut nadalsyah,kelurahan jingah,teweh baru

Pemkab gelar pasar murah di Kelurahan Jingah

Sejumlah warga membeli sembako murah di pasar mingguan Kelurahan Jingah, Kamis (23/4/2020). ANTARA/HO-Dinas Perdagangan dan Perindustrian Barito Utara

Muara Teweh (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah, kembali menggelar pasar murah dalam rangka stabilisasi barang kebutuhan pokok bagi warga yang kurang mampu di sejumlah  kecamatan setempat  dengan target 15.000 paket sembako.

"Kami menggelar  pasar murah di Kelurahan Jingah Kecamatan Teweh Baru  yakni di pasar mingguan Jingah dijual sebanyak 400 paket yakni dilaksanakan  dua  hari  dengan sembako yang dijual masing-masing 200 paket ," kata  Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Barito Utara Hajrannor di Muara Teweh, Kamis.

Menurut dia, dalam pelaksanaan pasar murah ini pemerintah memberikan subsidi melalui dana APBD kabupaten kepada warga yakni paket sembako dijual seharga Rp100.000, sementara harga yang dipasaran antara Rp144.000.Jadi masyarakat dapat subsidi sebesar Rp44.000 per paket.

Pasar murah Teweh ini, kata dia, dijual sebanyak 400 paket  yang berisi setiap paketnya beras 5 kilogram, gula pasir 2 kg, minyak goreng 2 liter, mie instans 6 bungkus dan garam 1 bungkus.

"Kami harapkan agar pasar murah ini benar-benar tersalurkan kepada orang-orang yang kurang mampu, pihaknya akan melayani bagi yang memiliki kupon yang telah dibagikan sebelum dilaksanakannya pasar murah melalui RT dan kepala desa masing-masing," kata Hajrannor.

Salah seorang warga Kelurahan Jingah Iyan mengakui pasar murah yang digelar pemerintah daerah ini sangat membantu warga terutama yang tergolong kurang mampu di daerah ini.

"Kami bersyukur dan mengucapkan terima kasih keada pemerintah daerah yang menggelar pasar murah bagi kami, sehingga dapat meringankan kehidupan masyarakat kurang mampu di daerah ini terutama dalam menghadapi pandemi COVID-19," kata dia.

Bupati Barito Utara H Nadalsyah menyampaikan dengan operasi pasar kali ini diharapkan dapat membantu perekonomian masyarakat dalam mencukupi kebutuhan pokok. 

"Dengan operasi pasar ini semoga dapat menunjang kebutuhan pokok warga masyarakat Kabupaten Barito Utara dalam memenuhi kebutuhan pokok harian akibat mewabahnya pandemi COVID-19 ini,"  kata dia.

Ia mengimbau kepada warga agar dapat mengikuti prosedur pembelian paket sembako operasi pasar kali ini dan diharapkan dapat menjangkau masyarakat yang benar-benar membutuhkan.