Bartim rujuk empat PDP COVID-19 ke RSUD Doris Sylvanus Palangka Raya

id Kalimantan Tengah,Kalteng,Kabupaten Barito Timur,Bartim,jumlah penderita COVID-19 di Bartim

Bartim rujuk empat PDP COVID-19 ke RSUD Doris Sylvanus Palangka Raya

Kepala Dinas Kesehatan Bartim sekaligus Kordinator Bidang Pencegahan pada Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Bartim Simon Biring. ANTARA/Habibullah

Tamiang Layang (ANTARA) - Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona Virus Disease atau COVID-19 Kabupaten Barito Timur, Kalimantan Tengah, membenarkan bahwa pihanya dala dua hari telah mengirim sebanyak empar orang berstatus Pasien Dalam Pengawasan (PDP) ke RS Doris Sylvanus di Kota Palangka Raya.

"Sejak kemarin hingga hari ini, sudah ada empat PDP yang kita rujuk ke RS Doris Sylvanus," kata Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Bartim Ampera AY Mebas melalui Kordinator Bidang Pencegahan Simon Biring di Tamiang Layang, Selasa.

Simon yang juga Kepala Dinas Kesehatan Bartim itu menyebut bahwa empat PDP yang dirujuk ke RS Doris Sylvanus sudah menjalani tes cepat atau rapid test di RSUD Tamiang Layang dengan hasil reaktif. Dan, keempat PDP yang dirujuk tersebut yakni  satu orang dari Kecamatan Pematang dan tiga orang dari Kecamatan Dusun Tengah. Mereka memiliki kontak erat dengan orang tertular COVID-19.

Sementara yang dari Kecamatan Pematang Karau berinisial FR memiliki riwayat kontak erat dengan alamarhumah RPO yang dinyatakan positif COVID-19. Tiga PDP dari Kecamatan Dusun Tengah juga memiliki kontak erat dengan tuan H yang positif COVID-19.

"Kalau dari Kecamatan Pematang Karau adalah saudari almarhumah RPO dengan kondisi hamil. Sedangkan tiga PDP dari Kecamatan Dusun Tengah yakni isteri dan anak dari Tuan H yang saat ini sedang menjalani perawatan di RSUD Doris Sylvanus Palangka Raya,” terang Simon.

Baca juga: Pembahasan LKPJ Bupati jadi prioritas DPRD Bartim

Data Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Bartim menyebutkan, ada enam orang positif COVID-19, tiga PDP dan tiga PDP dan meninggal satu orang.

"Saat ini masih ada lima orang positif COVID-19 asal Kabupaten Bartim yang menjalani perawatan di RS Doris Sylvanus Palangka Raya. Kita doakan semoga cepat sembuh," kata Simon.

Terpisah, Camat Dusun Tengah Supadi meminta semua warga untuk mematuhi aturan dan anjuran pemerintah terkait COVID-19, terutama memakai masker saat keluar rumah.

"Masalah COVID-19 ini jangan dianggap remeh. Saya minta warga selalu memakai masker saat keluar rumah. Kita juga selalu menghimbau masyarakat di Wilayah Dusun Tengah untuk memakai masker," kata Supadi.

Baca juga: Bupati Bartim sampaikan LKPJ 2019 melalui konferensi video

Baca juga: Dalam sehari, Positif COVID-19 di Bartim bertambah lima orang