Nadalsyah kunjungi Pasar PBB ikuti lomba inovasi daerah

id bupati barut nadalsyah,lomba inovasi daerah,pasar pbb muara teweh

Nadalsyah kunjungi Pasar PBB ikuti lomba inovasi daerah

Bupati Barito Utara H Nadalsyah didampingi Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian setempat H Hanjrannor dan Wakil Bupati Sugianto Panala Putra serta kepala perangkat Daerah lainnya dalam rangka mengikuti lomba inovasi daerah berada di Pasar Bebas Banjir (PBB) Muara Teweh, Jumat (5/6/2020).ANTARA/HO-Dinas Kominfosandi Barito Utara

Muara Teweh (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah melalui Dinas Perdagangan dan Perindustrian  setempat mengikuti lomba inovasi daerah dalam rangka penyesuaian  normal baru  atau new normal.

Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian  Barito Utara  Hajrannor di Muara Teweh, Jumat, mengatakan lomba inovasi daerah ini diadakan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) yang diikuti seluruh provinsi, kabupaten/kota di Indonesia.

"Dalam lomba ini masing-masing, provinsi, kabupaten/kota mengirimkan video pendek yang berdurasi 1,5 menit. Ada tujuh klaster dalam lomba yang dipilih. Dari masing-masing tujuh klaster itu provinsi, kabupaten dan kota mengikuti satu lomba," katanya.

Menurut dia, untuk kabupaten juga ada tujuh klaster yang dilombakan yaitu pasar tradisional, pariwisata, terminal lintas perhubungan, mall, mini marklet, restoran, dan PTSP (perijinan). Dari tujuh klaster tersebut salah satu yang diikuti.
 
Bupati Barito Utara H Nadalsyah didampingi Wakil Bupati Sugianto Panala Putra serta kepala perangkat Daerah lainnya dalam rangka mengikuti lomba inovasi daerah berada di Pasar Bebas Banjir (PBB) Muara Teweh, Jumat (5/6/2020).ANTARA/HO-Dinas Kominfosandi Barito Utara

"Untuk Kabupaten Barito Utara dalam lomba inovasi daerah ini menyiapkan klaster pasar tradisional dan kita tunjuk Pasar Bebas Banjir (PBB) ini mengikuti lomba dalam rangka penyesuaian normal baru," kata dia.

Dalam mengikuti lomba ini, kata dia, pihaknya mewajibkan kepada para pedagang dan pengunjung (pembeli) menggunakan masker, wajib cuci tangan, dan wajib jaga jarak. Dalam lomba ini juga pemerintah pusat menyiapkan hadiah bagi pemenang lomba.

"Hadiah lomba ini cukup menggirukan, tapi kita tidak mengharapkan hadiah, tapi dalam lomba ini kita menerapkan supaya masyarakat maupun pedagang dan pembeli (pengunjung) bisa disiplin dalam menghadapi COVID-19 ini. Kita rangkul semua baik itu pemerintah, pihak swasta dan masyarakat, artinya untuk bersama-sama berkaloborasi di sini,"  kata Hajrannor.

Dia mengatakan, bila dalam lomba ini Kabupaten Barito Utara terpilih sebagai juara lomba inovasi daerah, hadiah akan ditransfer melalui dana insentif daerah (DID). Pengumuman pemenang nantinya akan diumumkan tanggal 15 Juni 2020, terakhir video kita harus selesai  pada 8 Juni 2020.

"Para pedagang sudah kita berikan imbauan dan kita ingatkan agar memakai masker. Persiapan kita sudah siap, meskipun waktunya sangat singkat dan memersiapkan segala sesuatunya semaksimal mungkin,” ucapnya.

Untuk Bupati Barito Utara Nadalsyah nantinya saat video terakhir mengadakan closing statmen. "Beliau nantinya mengunci video pendek yang akan kita kirimkan nanti, jadi yang dilombakan ini dalam bentuk video dalam rangka “New Normal”, dengan waktu 1,5 menit sangat singkat waktu yang diberikan," ujar Hajrannor.