Antisipasi potensi bencana wilayah kecamatan di Sukamara

id Pemkab sukamara, sukamara, balai riam, bencana, karhutla, kebakaran hutan dan lahan

Antisipasi potensi bencana wilayah kecamatan di Sukamara

Apel siaga bencana di Kecamatan Balai Riam, Kabupaten Sukamara, Rabu, (10/6/2020). (ANTARA/Dokumentasi Pribadi)

Sukamara (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Sukamara, Kalimantan Tengah mulai melakukan sejumlah kegiatan guna mengantisipasi berbagai potensi bencana yang dapat terjadi, termasuk di wilayah kecamatan.

Salah satunya apel siaga bencana di Kecamatan Balai Riam yang dipimpin langsung oleh Camat Among Lelono pada Rabu (10/6), merupakan sarana pengingat bagi masyarakat guna mengantisipasi jika terjadi bencana.

"Apel siaga bencana ini untuk menumbuhkembangkan kesadaran masyarakat dalam penanggulangan bencana, wabah maupun akibat kelalaian individu yang menyebabkan bencana," katanya.

Juga memberikan dorongan kepada para petugas yang terdiri dari unsur pemerintah, satuan tugas, relawan dan masyarakat pada umumnya agar selalu siap siaga dalam penanggulangan bencana.

"Kegiatan ini juga kami laksanakan guna memantau kesiapsiagaan petugas, menjaga keamanan dan keselamatan seluruh masyarakat dari ancaman bencana akibat kondisi alam maupun perbuatan manusia," jelasnya.

Berkaitan akan datangnya musim kemarau, pihaknya perlu mengingatkan kembali agar masyarakat lebih berhati-hati, terhadap potensi kebakaran hutan dan lahan. Sebab jika terjadi, dapat menimbulkan kerugian bagi masyarakat di kecamatan Balai Riam.

"Mari bekerja sama, baik dalam memerangi COVID-19 dan mencegah kebakaran hutan, lahan dan pekarangan. Bersama-sama kita siapkan Balai Riam sebagai Kecamatan Tangguh Bencana", tegasnya.

Pewarta :
Uploader : Admin 4
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar