Seleksi terbuka jabatan Sekda Kapuas minim pendaftar

id Pemkab kapuas, kuala kapuas, seleksi sekda kapuas, bpsdm, aswan

Seleksi terbuka jabatan Sekda Kapuas minim pendaftar

Kepala BKPSDM Kapuas, Aswan. (ANTARA/All Ikhwan)

Kuala Kapuas (ANTARA) - Seleksi terbuka jabatan pimpinan tinggi pratama Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah kembali diperpanjang oleh panitia seleksi Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) karena minim pendaftar.

"Yang jelas sekretariat dan panitia seleksi sudah mengumumkannya melalui media massa. Tapi kalau alasan peminatnya kurang atau masih ragu-ragu, saya tidak tahu persis," kata Kepala BKPSDM Kapuas, Aswan di Kuala Kapuas, Jumat.

Pendaftar atau peserta calon yang mendaftarkan diri sebelumnya yang dibuka selama lima hari, hanya diikuti dua orang saja. Dengan demikian, sesuai ketentuan yang harusnya menimal tiga calon, namun karena belum memenuhi maka diperpanjang kembali.

Dikatakannya, perpanjangan seleksi selama tiga hari kerja itu, sudah diumumkan kepada publik, terhitung sejak Kamis-Senin mendatang.

“Apabila nantinya peserta calon masih tidak memenuhi atau kurang dari tiga, maka proses akan berlanjut sesuai ketentuan yang berlaku,” terangnya.

Menurut Aswan, selain aparatur sipil negara (ASN) dari Kapuas, pendaftar juga diperbolehkan dari luar daerah, namun yang diutamakan maupun prioritas adalah dari Kapuas.

Untuk persyaratannya sendiri, pertama adalah pegawai negeri sipil (PNS) diutamakan dari Kapuas, pendidikan serendah-rendahnya serjana atau diploma empat, serta memiliki kompetensi jabatan.

Kemudian memiliki bidang jabatan tugas terkait kurang lebih selama lima tahun, sedang dan pernah menduduki jabatan struktural pimpinan pratama atau eselon II paling singkat dua tahun.

"Kami persilakan kepada kepala perangkat daerah yang berminat mengikuti seleksi, agar mendaftarkan dirinya melalui sekretariat panitia seleksi di Kantor BKPSDM Kapuas," demikian Aswan.