Permintaan kredit jaminan mobil di Pegadaian meningkat

id Temanggung ,Permintaan kredit jaminan mobil di Pegadaian meningkat,Jawa Tengah,pengadaian

Permintaan kredit jaminan mobil di Pegadaian meningkat

Halaman Pegadaian Cabang Temanggung dipenuhi mobil jaminan dari nasabah. (ANTARA/Heru Suyitno)

Temanggung (ANTARA) - Permintaan kredit dengan jaminan mobil di Pegadaian Cabang Temanggung, Jawa Tengah, meningkat dalam beberapa bulan terakhir, kata Kepala Pegadaian Cabang Temanggung Badarudin.

"Bahkan kini kami menolak permintaan kredit dengan jaminan mobil karena keterbatasan gudang atau tempat parkir untuk menampungnya," kata Badarudin di Temanggung, Kamis.

Selain di gudang yang sudah penuh, mobil-mobil sebagai barang jaminan tersebut juga memenuhi halaman Pegadaian Temanggung.

Ia menyebutkan untuk Pegadaian Cabang Temanggung ada sekitar 40 mobil, kemudian di Parakan ada sekitar 20 mobil dan di Ngadirejo ada 7 mobil sebagai agunan di pegadaian.

Badarudin menyebutkan nilai gadai dari mobil-mobil tersebut bervariasi dari puluhan juta hingga ratusan juta rupiah.

Menurut dia, peningkatan permintaan kredit dengan jaminan mobil tersebut sebagian besar dari para petani untuk modal menanam tembakau, karena saat ini lagi masa menanam tembakau.

"Biasanya nanti setelah panen tembakau, mereka baru menebus mobil-mobil tersebut," katanya.

Ia menyampaikan pihaknya tidak ingin mobil-mobil sebagai barang jaminan tersebut diparkir di halaman kantor yang terbuka, namun karena nasabah menyetujui maka tidak masalah.