DPRD Kalsel nilai pelaksanaan program FKUB Kalteng layak dicontoh

id dprd kalsel, komisi i dprd kalsel, fkub kalteng, kesbangpol kalteng, kepala badan kesbangpol agus pramono, palangka raya, kerukunan umat beragama

DPRD Kalsel nilai pelaksanaan program FKUB Kalteng layak dicontoh

Kaban Kesbangpol Kalteng Agus Pramono (dua dari kanan) menyerahkan cenderamata kepada perwakilan Komisi I DPRD Kalsel di Palangka Raya, Selasa, (7/7/2020). (ANTARA/Muhammad Arif Hidayat)

Palangka Raya (ANTARA) - Komisi I DPRD Provinsi Kalimantan Selatan melaksanakan kunjungan kerja ke Kalimantan Tengah untuk bertemu dan berkoordinasi dengan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik, serta Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) wilayah setempat.

"Kalteng kami tetapkan sebagai tujuan dalam hal ini, sebab pelaksanaan berbagai program dan kegiatan FKUB disini dinilai sukses dan dirasakan hasilnya oleh masyarakat," kata Sekretaris Komisi I DPRD Kalsel, Suripno Sumas di Palangka Raya, Selasa.

Melihat berbagai program dan kegiatan yang FKUB laksanakan berjalan baik serta dinilai sukses, maka membuat pihaknya tertarik mempelajari sekaligus menjadikannya contoh nyata bagi Kalsel.

Termasuk bagaimana dukungan yang diberikan pemerintah daerah selama ini terhadap FKUB, khususnya melalui Badan Kesbangpol Kalteng.

"Setelah kami menerima penjelasan disini, apa yang telah dilaksanakan di Kalteng memang mengena sesuai tugas dan fungsinya," jelasnya.

Suripno mengatakan, usai melaksanakan koordinasi tersebut, pihaknya akan menjadikan berbagai hal sebagai bahan evaluasi terhadap badan maupun forum yang ada di Kalsel.

"Kami akan evaluasi guna mengetahui dan memastikan apa saja yang menjadi kendala di Kalsel, apakah penyusunan program belum optimal atau anggaran yang belum memadai," ungkapnya.

Sementara itu Kepala Kesbangpol Kalteng Agus Pramono menjelaskan, selama ini telah terjalin harmonisasi dan sinergi yang baik antara pemerintah daerah, FKUB serta masyarakat.

Kondisi itu membuat berbagai pelaksanaan program dan kegiatan berjalan sukses dan lancar, serta tentunya dampak dari pelaksanaannya benar-benar dirasakan manfaatnya oleh berbagai pihak, utamanya masyarakat.

"Disini berbagai kegiatan keagamaan dan lainnya terlaksana dengan baik, serta tentunya ditunjang dengan toleransi antara satu dan lainnya yang sangat tinggi," terangnya.

Ia menegaskan, kerukunan umat beragama di Kalteng merupakan salah satu yang terbaik. Sebagai salah satu buktinya, Kalteng pernah menerima 'Harmony Award' dari pemerintah pusat.

Pewarta :
Uploader : Admin 4
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar