Pengurus koperasi perlu berinovasi hadapi normal baru

id Pengurus koperasi perlu berinovasi hadapi normal baru, Ted apry, koperasi

Pengurus koperasi perlu berinovasi hadapi normal baru

Anggota DPRD Kota Palangka Raya Ted Apry Mahendra. ANTARA/Adi Wibowo

Palangka Raya (ANTARA) - Anggota DPRD Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah Ted Apry Mahendra mendorong pengurus koperasi di kota itu berinovasi karena dengan tumbuh pesatnya jumlah koperasi yang ada di wilayah setempat.  

"Banyaknya koperasi yang berdiri belum diikuti dengan perkembangan yang berarti, terutama dari sisi program yang tidak inovatif, tetapi dari sisi lain jumlah koperasi setiap tahunnya terus bertambah," kata Ted di Palangka Raya, Selasa.

Politisi PDIP itu menjelaskan, lemahnya pelaksanaan program koperasi selama ini lebih dikarenakan kurangnya inovasi yang dilakukan pengurus, sehingga tidak ada terobosan baru yang mampu meningkatkan pendapatan koperasi.

Terlebih di masa pandemi COVID-19 saat ini, seluruh aspek kehidupan dan penghidupan masyarakat dituntut untuk beradaptasi dengan tatanan normal baru atau "new normal" yang mengedepankan protokol kesehatan.

Protokol kesehatan wajib dilaksanakan, tidak terkecuali dalam menjalankan sektor koperasi. Untuk itu koperasi diharapkan mampu terus berinovasi agar tetap eksis serta menjalankan tujuan utamanya dalam mensejahterakan para anggotanya.

"Kebanyakan program koperasi sebagian hanya sekadar kegiatan simpan pinjam saja. Seharusnya ada inovasi agar koperasi dapat bertahan dan lebih maju dengan program lainnya sehingga bisa mensejahterakan dan bermanfaat bagi anggota dan lingkungan," katanya.  

Apalagi dengan kondisi seperti saat ini, sambung politisi muda tersebut, maka dengan berbagai upaya dalam membantu masyarakat bertahan dalam hal perekonomian harus dilaksanakan sehingga koperasi juga bisa berkembang dengan baik sesuai harapan.

Peran koperasi sejatinya untuk berkontribusi bagi kemajuan ekonomi. Jika itu dilaksanakan maka masyarakat tidak hanya sekadar memiliki tempat untuk meminjam dana, tetapi memperoleh sesuatu yang dapat digunakan untuk meningkatkan perekonomiannya, baik mengembangkan usaha serta lain sebagainya.

"Koperasi itu seharusnya tidak hanya membina ekonomi, tetapi juga penting untuk membina sosial dan lingkungan bagi para anggotanya," demikian Ted.

Baca juga: Kasus positif COVID-19 di Palangka Raya capai 601 orang

Baca juga: Legislator apresiasi kinerja kepolisian dalam pemberantasan narkoba


 


Pewarta :
Uploader : Admin 2
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar