Bupati Lamandau sebut PWI mitra strategis pemerintah daerah

id Bupati Lamandau sebut PWI mitra strategis pemerintah daerah, Lamandau, Hendra lesmana

Bupati Lamandau sebut PWI mitra strategis pemerintah daerah

Bupati Lamandau Hendra Lesmana dan Ketua KONI Lamandau Willin C Okamoto saat menghadiri pelantikan dan kepengurusan PWI Lamandau Periode 2019-2022 di Hotel Neo Palma Palangka Raya, Rabu (12/8/2020). ANTARA/Istimewa

Nanga Bulik (ANTARA) - Bupati Lamandau Kalimantan Tengah Hendra Lesmana menyebut bahwa peran wartawan dalam pembangunan daerah dinilai sangat penting, pers sebagai pilar ke-4 demokrasi menjadi mitra strategis pemerintah daerah.

Dalam mengawal jalannya pemerintahan menuju pembangunan yang berkelanjutan, hubungan antara Pemkab Lamandau dan wartawan sangat baik dan harmonis, sinergitas terjalin dengan apik dalam mengawal roda pemerintahan, kata Hendra Lesmana, di Nanga Bulik, Kamis.

"Bentuk sinergitas yang terjalin diwujudkan dengan kerjasama yang terjalin selama ini, dan saya tidak segan untuk mengajak diskusi serta meminta saran, pendapat serta masukan demi berjalannya roda pemerintahan dengan baik," ujarnya.

Orang nomor satu di Bumi Bahaum Bakuba itu mengaku sangat mendukung program Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), salah satunya yaitu memerangi "hoax" atau kabar bohong. Program itu dinilainya sangat baik, lantaran dewasa ini pengaruh "hoax" begitu kuat, dampaknya hingga berpotensi menyebabkan perpecahan terhadap kehidupan bangsa.

Untuk itu ia mengajak, agar insan pers yang tergabung dalam PWI menghadirkan sebuah karya jurnalistik yang dilandasi data, fakta dan berimbang sesuai dengan kaidah-kaidah jurnalistik.

Ia menegaskan bahwa hal tersebut sangat penting agar pesan dalam bentuk informasi yang disampaikan kepada masyarakat dapat bermanfaat baik kepada masyarakat maupun pemerintah daerah.

"Pemerintah daerah sangat membutuhkan peran pers dalam pembangunan, untuk itu pemerintah daerah akan berupaya semaksimal mungkin mendukung setiap program kerja PWI," tegasnya.

Bupati Lamandau Hendra Lesmana berkesempatan hadir dalam kegiatan pelantikan dan pengukuhan Kepengurusan PWI Kabupaten Lamandau 2019-2022 di salah satu hotel di Kota Palangka Raya, Rabu.

Kehadirannya dalam kegiatan tersebut merupakan wujud dari dukungan dan sinergitas yang terjalin antara insan pers yang tergabung dalam Persatuan Wartawan Indonesia dan pemerintah daerah.

"Di zaman keterbukaan informasi dewasa ini pemerintah daerah sangat membutuhkan peran kawan-kawan pers untuk menyampaikan informasi kepada masyarakat," tutupnya.

Ketua PWI Provinsi Kalimantan Tengah HM Haris Sadikin menyampaikan sebagai organisasi tertua di Indonesia, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) dahulu misinya adalah untuk melawan kolonialisme, namun seiring perkembangan zaman, saat ini misinya adalah membantu pemerintah.

Salah satu caranya adalah dengan terus meningkatkan kompetensi wartawan, dengan begitu wartawan akan mampu menjadi wartawan yang profesional, handal dan memahami kode etik jurnalisme.

"Wartawan tidak hanya mengkritik, namun juga harus mampu memberikan solusi kepada pemerintah dalam rangka melaksanakan pembangunan daerah," demikian Haris.

Baca juga: Pemkab Lamandau bertahap terapkan sekolah belajar secara tatap muka

Baca juga: Hendra Lesmana bertekad majukan Golkar Lamandau