Legislator harapkan Pemkab Seruyan sediakan penyuluh perikanan andal

id Dprd seruyan, seruyan, kuala pembuang, penyuluh perikanan, nelayan, budidaya ikan

Legislator harapkan Pemkab Seruyan sediakan penyuluh perikanan andal

Foto Arsip - Pembudidaya perikanan saat panen di Desa Sungai Undang Kecamatan Seruyan Hilir. (ANTARA/Dokumentasi Pribadi)

Kuala Pembuang (ANTARA) - Kalangan DPRD Seruyan, Kalimantan Tengah mengharapkan Dinas Perikanan menyediakan tenaga penyuluh yang kredibel atau andal di bidang tersebut, bertujuan meningkatkan hasil perikanan masyarakat.  

“Kami harap dinas terkait menyediakan tenaga penyuluh perikanan untuk peningkatan hasil nelayan di daerah pemilihan II,” kata Anggota DPRD Seruyan, Denni Rahmadhani di Kuala Pembuang, Sabtu.

Menurut dia, dari pantauan tim reses Dapil II wilayah Kecamatan Danau Sembuluh, Danau Seluluk, Seruyan Raya dan Hanau adalah termasuk penghasil ikan yang cukup berlimpah, baik dari hasil tangkap maupun budidaya.

“Pemasarannya pun tidak begitu sulit, selain untuk konsumsi di pasar daerah tersebut, juga dipasarkan di Kotawaringin Timur dan Kotawaringin Barat bahkan sampai ke Kalimantan Barat dan Kalimantan Selatan,” ungkapnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan, melihat potensi tersebut tim reses Dapil II menyarankan pemerintah kabupaten menempatkan tenaga penyuluh perikanan yang andal guna menunjang nelayan maupun pembudidaya ikan, sehingga dapat menambah penghasilan dari sektor tersebut.

Pihaknya yakin adanya tenaga penyuluh dimaksud menambah pengetahuan nelayan dalam meningkatkan hasil perikanan, sehingga menyejahterakan masyarakat khususnya nelayan.

"Memang tenaga penyuluh perikanan saat ini di Dapil II sudah ada, namun untuk memaksimalkan hasil yang didapat perlu adanya penambahan,” jelas Denni.

Politisi Partai Keadilan Sejahtera itu menambahkan masyarakat juga mengharapkan bantuan penunjang di sektor perikanan, seperti perahu dan mesin serta jaring penangkap ikan untuk nelayan di empat kecamatan tersebut. Beberapa kelompok nelayan budidaya ikan juga mengharapkan bantuan bibit dan pakan ikan.

“Kami berharap pemerintah kabupaten memerhatikan hal tersebut, sehingga menyejahterakan masyarakat dan memaksimalkan pemanfaatan yang dimiliki Seruyan,” terangnya.